Cara Efektif Hilangkan Selulit

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada umumnya, wanita selalu ingin tampil sempurna. Namun, tampil sempurna terkadang hampir mustahil. Kesempurnaan yang ternodai bisa muncul dari berbagai sebab. Nah, bagi wanita, selulit adalah salah satu penyebabnya.

Selulit merupakan sebuah timbunan lemak yang ada pada bagian lapisan kulit. Selulit berbeda dengan stretch mark, yakni guratan putih yang muncul akibat dari adanya peregangan.

Semua wanita memiliki risiko yang relatif sama besarnya terkena selulit. Tapi, seseorang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) cenderung memiliki risiko paling besar. Hal ini dapat terjadi karena seseorang yang gemuk akan lebih mudah terkena penimbunan lemak pada bagian lapisan kulit. Selain orang gemuk, ibu hamil yang baru melahirkan pun juga berisiko terkena selulit.

Pada kenyataannya, tidak sedikit wanita yang terserang selulit. Biasanya, selulit muncul pada bagian paha, bawah perut, belakang pantat, dan beberapa anggota tubuh lainnya.

Sebenarnya selulit bukan masalah kesehatan yang berbahaya. Namun jika selulit tersebut muncul pada bagian yang terlihat, seperti paha, maka bisa menurunkan rasa percaya diri penderitanya.

Nah, jika Anda memiliki masalah selulit, tidak perlu khawatir. Sejumlah cara mudah dan efektif di bawah ini bisa Anda coba:

  • Olahraga

Dengan berolah raga, maka lemak akan mudah terbakar. Jika lemak tersebut sudah terbakar, secara otomatis selulit akan hilang. Olahraga ringan, misalnya berjalan kaki selama 30 menit sehari, bisa membakar lemak di tubuh Anda.

  • Diet sehat

Diet juga bisa membakar lemak dalam tubuh. Lebih baik lagi, lakukanlah diet sehat, seperti diet mayo.

  • Jaga pola makan

Lemak yang tertimbun bisa berasal dari makanan yang kurang sehat, misalnya junk food yang mengandung lemak tinggi. Jadi, konsumsilah makanan yang mengandung serat dan nutrisi tinggi, contohnya buah, sayuran, kacang-kacangan dan lain-lain.

  • Lemon

Untuk menghilangkan selulit dengan lemon, siapkan satu buah lemon yang masih segar terlebih dahulu. Belah lemon tersebut menjadi dua bagian. Oleskan kedua bagian tersebut secara merata pada bagian selulit.

  • Kopi

Kopi termasuk dalam scrub alami yang baik untuk menghaluskan permukaan kulit, mengurangi lemak di kulit, dan mencerahkan kulit secara alami. Cara menghilangkan selulit dengan kopi diawali dengan menyiapkan terlebih dahulu tiga sendok makan kopi (utamakan kopi bubuk). Tanpa menambahkan gula ataupun bahan lainnya, tuang air panas ke dalam kopi tersebut sampai membentuk mirip pasta. Lalu, oleskan secara merata pada bagian selulit. Gosok-gosok secara lembut selama 10–15 menit. Kemudian, bilas dengan menggunakan air hangat.

  • Lidah buaya

Lidah buaya bermanfaat untuk mengurangi selulit. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang mengalami selulit sambil dipijat-pijat. Lakukanlah secara rutin dan teratur agar hasilnya maksimal.

  • Minyak zaitun dan madu

Minyak zaitun dan madu bermanfaat untuk mengatasi selulit, terutama pada bagian paha. Cara penerapannya, siapkan minyak zaitun dan madu sebanyak tiga sendok makan. Campurkan kedua bahan tersebut dan aduklah hingga merata. Oleskan madu dan zaitun tersebut secara merata ke seluruh bagian yang bermasalah. Diamkan sampai mengering, lalu basuh dengan air hangat hingga bersih.

  • Cuka apel

Oleskan cuka apel di area yang terdapat selulit sebelum Anda tidur. Keesokan paginya, bilaslah menggunakan air bersih. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here