Cara Hidup Sehat dan Berat Badan Terkontrol

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pola hidup sehat dan gaya hidup yang sesuai akan membantu kita untuk menjadi lebih sehat dan jauh dari penyakit. Pola makan yang sehat juga harus dilakukan dalam menjalani hidup sehat. Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh agar semua organ dalam tubuh dapat berfungsi secara optimal. Pola makan yang sehat dapat menjadikan tubuh kita sehat dan berat badan terkontrol. Sebaliknya, jika pola makan tidak sehat maka tubuh akan rentan terhadap penyakit.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kita mempunya pola makan yan sehat, antara lain adalah jumlah makanan yang dikonsumsi, jenis makanan yang dikonsumsi dan jadwal makan. Banyaknya makanan yang dikonsumsi harusnya seimbang antara jumlah makanan yang masuk dan energi yang dikeluarkan. Pengukuran yang paling mudah sebagai parameter apakah makanan yang dikonsumsi sudah cukup atau belum untuk tubuh adalah berat badan. Berat badan yang ideal sangat penting dipertahankan agar tubuh tidak rentan terhadap penyakit.

Jenis makanan yang dikonsumsi hendaknya mempunyai proporsi yang seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak. Komposisi yang disarankan adalah 55-65% karbohidrat, 10-15% protein, 25-35% lemak. Karbohidrat yang biasa dikonsumsi antara lain adalah nasi, roti, kentang. Sedangkan protein terbagi menjadi 2 macam yaitu hewani dan nabati. Protein hewani contohnya seperti daging, telur dan susu, sedangkan protein nabati seperti tahu, tempe dan kacang-kacangan. Lemak dari makanan ada yang dalam bentuk jenuh dan tak jenuh. Lemak jenuh umumnya lebih mudah didapat dari makanan sehari-hari. Sedangkan untuk lemak tak jenuh umumnya berasal dari minyak tidak jenuh seperti zaitun, minyak wijen dan minyak canola yang umumnya tidak dipanaskan.

Selain karbohidrat, protein dan lemak, tubuh juga membutuhkan vitamin dan mineral. Bahan makanan sebagai sumber vitamin dan mineral dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Tubuh kita juga memerlukan serat. Kebutuhan serat yang dianjurkan adalah 25 gram atau 13 gram/1000 kalori makanan yang dikonsumsi perhari. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi air mineral 2 liter perhari.

Kita juga harus memperhatikan jadwal makan sehari-hari. Jadwal makan yang ideal adalah 5 sampai 6 kali sehari dengan pembagiannya yaitu untuk  sarapan pagi, snack, makan siang, snack sore, makan malam. Dan jika perlu tambahkan dengan snack malam. Agar terhindar dari penyakit maag, sebaiknya kita mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering. Perlu diingat juga agar kita mengurangi dalam hal konsumsi gorengan. Selain bisa menimbulkan berbagai penyakit, konsumsi gorengan berlebih juga dapat berbahaya bagi tubuh antara lain, meningkatkan risiko penyakit degeneratif, meningkatkan risiko kegemukan dan tersumbatnya pembuluh darah.

Selain dari pola makan yang sehat, gaya hidup yang sehat dapat dicapai dengan mengatur:

  1. Berat badan yang seimbang
  2. Managemen stres
  3. Istirahat dan tidur yang cukup
  4. Hindari rokok, minuman beralkohol, dan narkoba
  5. Berolahraga yang teratur
  6. Lakukan hubungan seks yang sehat
  7. Berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gangguan kesehatan

Berat badan yang seimbang dan terkontrol dapat dicapai dengan mengatur pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur. Hindari mengkonsumsi gorengan secara berlebihan. Berat badan yang seimbang dapat menjauhkan diri dari ancaman penyakit degeneratif antara lain yaitu obesitas. Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup yang sehat, berat badan yang terkontrol dan juga menghambat timbulnya penyakit degeneratif. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here