Cara Membakar Makanan Agar Tetap Sehat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mengolah bahan makanan dengan cara membakar ini cukup menjadi favorit. Oleh sebab itu banyak sekali bahan pangan terutama berupa daging yang dimasak dengan cara ini. Mulai dari ayam panggang, sate, barbeque dan masih banyak lagi.

Hanya saja, meski makanan terasa lebih lezat, memasak bahan pangan dengan cara membakar atau memanggang ini perlu dilakukan dengan lebih berhati-hati. Bahan pangan yang dibakar atau dipanggang jika sampai hangus, disamping akan kehilangan nutrisi, mineral dan vitamin, juga makanan akan berpotensi mengandung bahan-bahan karsinogen (bahan beracun) yang dapat memicu timbulnya kanker.

Terutama sekali bahan-bahan makanan yang mengandung lemak. Adapun cara untuk membakar makanan agar tetap sehat:

  • Merendam daging didalam bumbu selama beberapa waktu. Polifenol yang bersifat antioksidan dalam bumbu yang dipakai untuk merendam dapat mengurangi karsinogen yang ditemukan dalam makanan bakar hingga 88 persen. Efek itu bisa terjadi karena bumbu dan rempah-rempah tertentu, seperti rosemary, kunyit dan bawang putih menghalangi pembentukan HCA. Lagipula, perendaman membuat daging bakar terasa lebih enak.
  • Bakar dengan api yang kecil. Membakar daging dengan suhu lebih rendah ternyata jauh lebih dianjurkan meski memang akan butuh waktu sedikit lebih lama dibandingkan jika nyala apinya besar dan panas. Namun dengan mengurangi paparan panas tinggi, pembentukan HCAs akan berkurang sangat signifikan.
  • Pilihlah daging yang tidak terlalu berlemak. Daging yang berlemak saat dibakar akan meneteskan lemak sehingga api akan membakar daging serta menciptakan asap berlebihan. Pada proses ini pula zat karsinogen terbentuk. Daging yang tinggi kadar lemak saat dibakar akan cenderung lebih cepat gosong.
  • Hindari memakan bagian yang gosong. Pasalnya, mengkonsumsi bagian yang gosong terbakar akan meningkatkan risiko terserang kanker. Terlebih lagi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering.
  • Jangan mengoleskan saus saat membakar. Penggunaan saus barbeque saat membakar dapat meningkatkan kemungkinan pembentukan HCA sebanyak 1,9-2,9 kali lebih besar. Sebaiknya gunakan saus saat Anda ingin memakannya.
  • Hidangkan daging panggang dengan sayuran yang bisa membantu membersihkan zat-zat karsinogen dalam tubuh. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here