Cara Membantu Berhenti Remaja Merokok

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Merokok  di usia remaja adalah masalah besar. Remaja yang merokok akan berlanjut dan kecanduan sehingga menjadi orang dewasa yang merokok.

Jika Anda menemukan anak remaja Anda merokok, anggap itu hal yang serius. Membantu remaja berhenti merokok dengan benar adalah cara terbaik untuk memberikannya kesehatan yang lebih baik seumur hidupnya.

Berikan contoh yang baik

Sebagai orang tua, Anda mempunyai pengaruh paling kuat dalam kehidupan anak remaja Anda – dan tindakan Anda akan lebih diperhatikan ketimbang apa yang anda katakan. Jika anda merokok, jangan berharap anak remaja Anda untuk berhenti merokok. Anak Anda mungkin menafsirkan bahwa perilaku merokok Anda sebagai dukungan perilakunya. Sebaliknya, tanyakan kepada dokter Anda tentang berbagai produk dan sumber daya lain untuk membantu anda berhenti merokok.

Sementara itu, jangan merokok di dalam rumah, di mobil atau di depan anak remaja Anda. Jangan pernah menaruh rokok di mana anak Anda mungkin menemukan rokok-rokok tersebut. Jelaskan bagaimana anda merasa tidak bahagia dengan merokok, dan mengapa begitu penting bagi Anda untuk berhenti merokok.

Mulai berbicara

Anda hanya bisa menasihati anak remaja Anda untuk berhenti merokok. Ini adalah pesan penting. Perintah, ancaman dan ultimatum tidak mungkin efektif untuk membuat mereka berhenti merokok. Alih-alih marah, telitilah bagaimana dan dukung ia untuk berhenti. Tanyakan kepada anak remaja Anda apa yang membuat dia mulai merokok. Mungkin anak remaja Anda sedang mencoba untuk menyesuaikan diri di sekolah, atau mungkin anak remaja Anda berpikir bahwa merokok akan membantu menghilangkan stres. Kadang-kadang anak remaja merokok sebagai upaya untuk merasa keren atau lebih dewasa.

Setelah Anda memahami mengapa anak remaja Anda merokok, Anda akan lebih siap untuk mengatasi hal itu sebagai masalah potensial – serta membantu anak remaja Anda akhirnya berhenti merokok.

Mendorong mereka untuk berbagai tentang masalahnya

Meskipun konsekuensi dari merokok – seperti kanker, serangan jantung dan stroke -, pada kenyataannya hal-hal tersebut mungkin di luar perhatian anak remaja Anda.

Daripada mengajarkan anak remaja Anda tentang bahaya jangka panjang dari merokok, tanyakan pada mereka apa yang dia anggap sebagai aspek-aspek negatif dari merokok. Setelah remaja Anda telah mengatakannya, perlihatkan daftar aspek negatif Anda sendiri. Suruhlah anak remaja anda untuk mempertimbangkan kesia-siaan ini :

  • Merokok menjadikan bau mulut.
  • Merokok membuat pakaian dan rambut bau.
  • Merokok menjadikan gigi dan kuku menjadi kuning.
  • Merokok menjadikan ia keriput.
  • Merokok bisa menyebabkan anda batuk.
  • Merokok menghabiskan tenaga anda yang harusnya digunakan untuk olahraga atau berkativitas yang lain.

Tentu saja, merokok juga mahal. Suruh anak remaja Anda untuk menghitung biaya mingguan, bulanan atau tahunan dari merokok. Anda bisa membandingkan biaya merokok dengan perangkat elektronik, pakaian atau barang-barang lainnya yang menurut anak remaja Anda penting.

Bantu anak anda membuat rencana

Anak remaja dapat menjadi kecanduan nikotin lebih cepat – kadang-kadang hanya dalam beberapa minggu bereksperimen dengan rokok. Sementara banyak remaja yang merokok berpikir mereka bisa berhenti kapan saja, penelitian menunjukkan hal ini tidak benar.

Ketika Anda berbicara dengan anak remaja Anda tentang berhenti merokok, tanyakan apakah ada teman-temannya yang telah mencoba untuk berhenti merokok. Pertimbangkan mengapa mereka berhasil (jika iya) atau tidak berhasil (jika tidak). Kemudian meminta anak remaja Anda untuk memikirkan strategi berhenti merokok yang dia pikir mungkin paling tepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here