Cara Membuat Bayi Tidur Nyenyak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehadiran bayi di dalam keluarga bisa menambah keceriaan dan kebahagiaan tersendiri. Banyak hal yang harus dipersiapkan oleh orang tua untuk bayi mulai dari kebutuhan nutrisi, pakaian, keamanan dan masih banyak lagi. Kebutuhan istirahat juga perlu disiapkan oleh orang tua, salah satunya adalah tidur. Tidur dengan nyenyak sangat penting bagi pertmbuhan bayi, karena pada saat tidur pertumbuhan otak bayi mencapai puncaknya. Bayi memiliki periode tidur yang lebih banyak dari pada orang dewasa.

Bayi yang baru lahir bisa tidur selama 16-20 jam dalam sehari, sedangkan bayi berusia 0-6 bulan biasanya tidur selama 13-15 jam sehari, bayi yang berusia 6 bulan ke atas memiliki pola tidur yang tampak mirip dengan orang dewasa. Walaupun faktanya bayi banyak menghabiskan waktu untuk tidur, namun membuat bayi tertidur bukan merupakan kegiatan yang mudah untuk dilakukan, hal ini dikarenakan setiap bayi memiliki karakter yang berbeda-beda.

Selain itu, karakteristik bayi yang berbeda-beda juga dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Orang tu berperan penting untuk mengatur pola tidur bayinya serta mengetahui cara-cara yang dapat diterapkan apabila bayi susah untuk tidur. Cara-cara yang dapat diterapkan untuk membuat anak tertidur dengan nyenyak yaitu :

  1. Jangan paksa bayi tidur

Tidur bukanlah keadaan yang bisa kita paksakan pada seorang bayi. Seharusnya, ibu dapat membiarkan bayi beraktivitas, seperti menangis dan tertawa. Biarkan bayi memiliki kemauan untuk tertidur dengan sendirinya setelah bayi merasa lelah, dengan begitu bayi akan nyenyak saat tidur.

  1. Tentukan jadwal menyusui dengan teratur

Selain membiarkan bayi beraktivitas sebelum tidur, ibu juga harus teratur dalam memberikan ASI. Dengan begitu bayi akan mengenal kapan dia harus tidur dan kapan harus menyusu.

  1. Ciptakan suasana yang tenang

Seseorang biasanya akan mudah tertidur apabila suasana di sekitarnya tenang, begitu pula dengan bayi. Karena bayi mudah terbangun saat tidur, apabila ada suara sekecil apapun dapat mengganggu kualitas tidur bayi.

  1. Lakukan pijat bayi

Salah satu terapi  yang dapat mengatasi masalah tidur bayi adalah dilakukannya pemijatan. Pijat bayi berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi bayi dan membuat bayi dapat tidur dengan lelap. Selain itu, pijat bayi juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan dan berat badan bayi, serta meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Lakukan pijat bayi secara teratur sebelum mandi dengan gerakan usapan yang lembut, dimulai dari wajah, dada, tangan, perut, kaki dan terakhir punggung.

  1. Mandi dengan air hangat sebelum tidur

Mandi dengan air hangat dapat memperlancar aliran darah, sehingga bayi menjadi tenang dan nyaman. Bayi akan merasa nyaman dan tertidur dengan nyenyak.

  1. Atur suhu ruangan

Sebelum tidur, alangkah baiknya memastikan suhu ruangan yang pas untuk bayi, sehingga bayi akan nyaman untuk tidur. Suhu yang baik yaitu tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, jika Anda memakai pendingin ruangan, setel suhu 26ºC.

  1. Pasang kelambu

Bayi mudah sekali untuk terbangun dari tidurnya, apalagi jika ada nyamuk di sekitarnya. Untuk menghindari gigitan nyamuk, kelambu atau alat penutup bayi saat tidur  dapat digunakan. Dengan begitu bayi akan nyenyak saat tidur.

  1. Jangan berikan makanan padat sebelum tidur

Makanan padat yang diberikan menjelang waktu tidur bayi jarang membantu bayi dapat tertidur lebih lama. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here