Cara Memilih Detergen untuk Kulit Sensitif

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda merasa telapak tangan begitu pedih, kasar, mengelupas, dan kisut karena penggunaan sabun detergen yang tidak cocok? Sabun detergen memang seringkali membuat permasalahan kulit pada telapak tangan. Hal ini disebabkam oleh begitu sensitifnya telapak tangan. Lalu bagaimana cara memilih detergen yang cocok untuk kulit sensitif?

Tips Memilih Detergen untuk Kulit Sensitif

  • Detergen dengan  busa rendah.

Pilih detergen dengan busa rendah sehingga tidak membuat kulit sensitif terasa panas. Detergen dengan busa rendah lebih mampu mengangkat kotoran baju, mengurainya menjadi partikel kecil sehingga kotoran menjadi larut dalam air sehingga kain menjadi lebih awet.

Bahan kimia yang dapat menghasilkan busa juga sebenarnya sudah masuk daftar hitam departemen kesehatan. Ada baiknya Anda jangan membeli detergen yang menghasilkan banyak busa.

  • Detergen yang mengandung alkali.

Pilih sabun detergen yang mengandung alkali seperti Greenz-C, Active Blue-X, Oxy Bleach, Prosoak, Launsafe, Heavy Duty, sebagai alternatif agar baju menjadi lebih bersih, sehingga kekuatan tangan tidak harus dikeluarkan secara penuh.

  • Detergen berfilter rendah.

Detergen dengan Filler rendah seperti Heavy Duty ataupun Oxygen Bleach, Active Blue-x, yang membuat  daya cuci berkualitas. Detergen yang berfiller rendah memiliki larutan yang bening dan tidak memiliki endapan. Endapan ini biasanya akan sensitif jika terkena tangan, sehingga pilih saja detergen dengan filter rendah.

  • Detergen yang memiliki enzim.

Deterjen yang memiliki enzim ialah deterjen yang dirancang khusus untuk menghilangkan noda pada baju. Sehingga daya tangan yang dikeluarkan untuk mencuci tidak terlalu besar.

  • Detergen dengan konsentrasi cair.

Deterjen cair dapat larut lebih cepat dalam air sehingga mencuci menjadi lebih cepat. Detergen cair lebih ramah dengan kulit sensitif.

  • Detergen Tidak Berenzim

Detergen yang tidak berenzim bermanfaat untuk pakaian berbahan kain halus seperti wol dan sutra yang tidak boleh dicuci dengan deterjen yang mengandung enzim. Detergen tidak berenzim biasanya juga tidak menimbulkan efek panas pada kulit.

  • Detergen yang Ramah Lingkungan

Deterjen yang ramah lingkungan ialah detergen yang tidak menyebabkan iritasi kulit dan tidak mengakibatkan tanaman mati apabila tersiram dengan detergen ini.

  • Detergen yang Baik untuk Keluarga

Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki balita maka perlu menggunakan produk deterjen yang sesuai untuk Pakaian Bayi. Sebab kulit bayi juga sangat sensitif dan mudah sekali alergi seperti gatal dan iritasi kulit. Hindari detergen yang mengandung kimia seperti pelembut dan pelicin.

Demikian informasi mengenai cara memilih detergen yang baik bagi kulit sensitif. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Pembaca sehingga dapat mencuci dengan nyaman. (MLS).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY