Cara Memilih Pelumas yang Tepat Untuk Kesehatan Penis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Cairan pelumas terkadang digunakan pria atau wanita untuk membasahi organ intim ketika berhubungan seksual. Namun pria perlu berhati-hati dalam memilih pelumas yang akan digunakan. Pasalnya jika salah pilih, dampak negatif justru bisa menyerang Mr.P.

Penyebab cairan lubrikasi tidak keluar saat berhubungan seks

Idealnya ketika berhubungan seks, suami istri yang sedang bergairah mampu menghasilkan cairan pelumas alami. Pelumas alami itu bertujuan untuk mempermudah proses penetrasi penis ke vagina. Hanya saja dalam situasi tertentu, cairan lubrikasi bisa saja tidak keluar.

Penyebab tidak keluarnya cairan lubrikasi, bisa diakibatkan oleh berbagai faktor. Mulai dari kondisi kesehatan yang tidak bugar, mengalami stres, hingga terdapatnya penyakit kelainan seksual yang dialami salah satu pasangan.

Pada wanita yang sehat, terkadang juga bisa mengalami kekeringan pada vagina. Hal ini bisa disebabkan karena menstruasi, menopause, menyusui atau kurangnya hormon estrogen. Suami istri apabila terpaksa menggunakan pelumas buatan, maka  harus memilih yang terbuat dari bahan alami serta aman untuk penis.

Pelumas berbasis minyak alami

Pelumas yang terbuat dari minyak-minyak alami tanpa kandungan bahan kimia sintetis, cocok menjadi alternatif pilihan. Minyak alami yang dimaksud seperti minyak kelapa, minyak avokat, atau minyak zaitun. Selain aman untuk penis, peluas dari bahan alami itu juga aman untuk vagina.

Campuran minyak alami tersebut rupanya juga aman apabila tidak sengaja tertelan. Namun demikian suami istri harus tetap berhati-hati dalam penggunaan pelumas dengan minyak berbahan alami ini. Pasalnya jika menggunakan alat kontrasepsi kondom, pelumas tersebut bisa saja merusak fungsi kondom.

Pelumas berbasis air

Pelumas berbasis air ini cukup mudah ditemukan. Dengan harga yang relatif murah, pelumas jenis ini memang cukup banyak diminati. Hanya saja karena banyaknya merek yang ada di pasaran, tidak menutup kemungkinan jika produk ini justru diberikan tambahan bahan kimia. Oleh karena itu bagi suami istri yang ingin mencoba pelumas berbasis air, carilah merek pelumas yang aman digunakan.

Pelumas berbasis silikon

Pelumas jenis ini dipercaya dapat membuat area genital tetap basah atau licin dalam jangka waktu yang cukup lama. Keuntungan jenis pelumas ini dapat menciptakan rasa nyaman karena tidak menyebabkan lengket. Pelumas berbasis silikon memiliki kecenderungan lebih aman, jika digunakan dengan kondom lateks.

Air liur sebagai pelumas

Selain beberapa pilihan di atas, salah satu alternatif lagi untuk meningkatkan cairan pada vagina dengan memanfaatkan air ludah (liur). Caranya istri meminta pasangan pria untuk merangsang vagina secara oral, khususnya pada bagian klitoris.

Dengan cara seperti ini vagina akan basah karena ludah, sekaligus membuat istri akan semakin terangsang untuk menghasilkan cairan pelicin secara alami. Air liur sebagai pelumas tersebut dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Tanpa mengandung bahan kimia, air liur sebagai pelumas tentu saja tidak terlalu membahayakan penis. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here