Cara Memperbanyak Produksi ASI Bagi Ibu Menyusui

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seorang wanita pada masa kehamilan trimester 3 hormon prolaktin sudah mulai diproduksi untuk mempersiapkan masa menyusui. Hormon prolaktin merupakan suatu hormon yang sangat berpengaruh pada produksi ASI. Apabila produksi hormon prolaktin dalam kondisi yang baik maka ASI yang diproduksi seorang wanita tersebut akan baik dan lancar.

Hormon prolaktin juga dapat di produksi oleh wanita yang tidak hamil, apabila payudara seorang wanita tersebut selalu mendapatkan rangsangan. Pada kasus ibu primipara, biasanya terdapat keluhan jika produksi ASI menurun dan tidak lancar. Hal tersebut di pengaruhi oleh beberapa faktor penyebab. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan apabila produksi ASI menurun, diantaranya sebagai berikut :

  1. Periksa latch on

Agar payudara dapat dikosongkan dengan baik, sebaiknya anda periksa latch on atau pelekatan apakah sudah dalam kondisi yang baik dan bener atau tidak.

  1. Sering menyusui

Agar produksi ASI banyak anda harus sesering mungkin menyusui bayi anda. Para medis menyarankan untuk menyusui bayi secara ondemand yaitu setiap 2-3 jam sekali.

  1. Perbanyak waktu bersama bayi

Meningkatkan produksi ASI dapat dilakukan dengan cara memperbanyak waktu anda bersama bayi contohnya bermain, melakukan metode bounding attachment. Manfaat dari metode tersebut tidak hanya mendekatkan ibu dengan bayi, tapi dapat memberikan efek rasa bahagia kepada ibu. Rasa bahagia ibu dapan meningkatkan produksi hormon prolaktin yang dapat memperlancar ASI.

  1. Hindari stres

Seperti yang telah dijelaskan di point ketiga rasa bahagia ibu dapat memperlancar ASI. Sehingga anda harus bisa mengelola dan menghindari stres agar ASI dapat di produksi dengan lancar.

  1. Perawatan payudara

Memperbanyak produksi ASI dapat dilakukan dengan cara melakukan perawatan payudara. Perawatan payudara dapat dilakukan dengan metode breast care dan pijat oksitosin. Metode breast care dilakukan dengan memijat payudara dengan cara di sisir. Sedangkan pijat oksitosin dilakukan dengan cara memijat bagian punggung. Kedua metode tersebut dilakukan untuk melancarkan peredaran darah yang dapat memperbanyak produksi ASI.

  1. Konsumsi sayuran

Sayuran merupakan jenis makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya dapat memperbanyak produksi ASI yang menurun. Contoh jenis sayuran tersebut yaitu daun katuk, pare, wortel, bayam, bawang putih dan kacang-kacangan.

  1. Menyusui secara bergantian

Agar produksi ASI anda tidak menurun lakukan hal dengan cara menggunakan payudara secara bergantian untuk menyusui bayi. Putting susu memiliki fungsi untuk mengalirkan dan membawa ASI dari payudara, bukan untuk menyimpan. Dengan kata lain, ASI yang telah di produksi dari payudara akan dialirkan langsung melalui puting. Pada saat disusui isapan bayi akan mengosongkan ASI sekitar 70% dan setelah itu payudara akan memproduksi ASI lagi secara alami.

  1. Hubungi konseler

Apabila anda sudah mencoba beberapa cara yang telah dijelaskan diatas, namun produksi ASI anda tetap menurun. Sebaiknya anda hubungi seorang konseler yang ahli di bidangkan. Mungkin anda memerlukan zat atau obat untuk memper;ancar produksi ASI. contoh zat atau obat tersebut yaitu galactagogues. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here