Cara Memulihkan Luka Memar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memar merupakan luka yang banyak dan sering dialami oleh seseorang. Luka memar terjadi karena rusaknya jaringan pada tubuh dimana kondisi darah membeku dan juga tidak bisa mengalir seperti biasanya karena adanya benturan pada bagian tubuh dengan benda keras. Bagian tubuh yang mengalami memar biasanya akan berwarna merah kebiruan, bengkak serta terasa nyeri. Gejala memar biasanya adalah daerah yang terkena benturan akan terasa sakit, kulit memerah lalu berubah warna menjadi biru atau hijau, dan terkadang timbul bengkak atau benjolan.

Luka memar biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Walaupun demikian, kita bisa melakukan beberapa hal agar memar dapat sembuh lebih cepat, yaitu:

  •  Kompres dengan Es Batu

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengkompresnya dengan es batu. Es mampu membuat darah kembali mengalir lancar dan mendinginkan pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya pembekuan pada luka memar. Masukkan es atau air dingin ke dalam kantung atau handuk, kemudian tempelkan di bagian tubuh yang memar selama sekitar 10 menit.

  •  Kompres dengan Air Hangat

Setelah sekitar satu hari mengkompres luka memar dengan es atau air dingin, cobalah untuk menggantinya dengan kompres air hangat. Suhu panas akan membuat sirkulasi darah pada area memar menjadi lebih baik dan juga mencegah terjadinya pembekuan darah di area memar. Gunakanlah kantung atau kain khusus untuk mengkompres. Isi kantung dengan air panas, kemudian taruh di atas bagian yang memar.

  •  Balut Luka Memar dengan Perban

Jika luka memar terjadi di lengan atau kaki, segeralah balut luka tersebut dengan perban yang elastis. Jagalah luka memar agar tetap tertutup dan bersih. Balutan perban akan membantu mencegah pembuluh darah bocor sehingga luka memar tidak akan bertambah parah.

  •  Cegah dengan Vitamin C

Jika Anda sering dan mudah mengalami memar, kemungkinan besar Anda kekurangan vitamin C. Vitamin C berperan penting dalam membantu membangun jaringan kolagen pelindung di sekitar pembuluh darah pada kulit. Perhatikan dan cukupi kebutuhan vitamin C Anda dengan sumber makanan alami, karena hal ini sangat bermanfaat untuk memperkuat dinding pembuluh darah dan meminimalisir pembentukan memar.

  1. Menggunakan Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang mampu mengobati luka memar karena kandungan di dalam kunyit dapat membantu meringankan rasa sakit dan nyeri akibat memar. Cara menggunakannya yaitu kunyit bisa di tumbuk atau di parut kemudian dikompreskan ke bagian yang luka seperti memar pada kaki dan tangan.

  1. Menggunakan Vitamin K

Anda bisa menggunakan krim vitamin K untuk memulihkan luka memar. Vitamin K mampu membantu memulihkan luka memar baik dari dalam maupun dari luar, dengan membantu darah yang menggumpal. Oleskan luka memar Anda dengan krim vitamin K beberapa kali sehari untuk memulihkan luka memar lebih cepat. Anda juga dapat menyembuhkan atau mengurangi tingkat keparahan luka memar dengan meningkatkan asupan makanan yang kaya dengan vitamin K. Seperti sayuran yaitu brokoli, bayam, kubis, mentimun, daun bawang, selada, kacang polong, bunga kol, asparagus dan tomat. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here