Cara Menangani Diabetes Ketika Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi seorang wanita, kehamilan merupakan salah satu momen membahagiakan dalam hidupnya. Hal ini dikarenakan wanita akan segera menjadi seorang ibu, dan bagi wanita, menjadi seorang ibu merupakan kebahagiaan tersendiri. Kali ini penulis akan memaparkan cara menangani diabetes ketika seorang wanita tengah mengandung.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa,  baik pria atau wanita. Penyakit ini akan sangat berbahaya bila tidak segera ditangani. Jika seorang wanita yang sedang hamil menderita diabetes, maka besar kemungkinannya anak yang dikandung juga akan menderita penyakit yang sama.

Bagi seorang wanita yang sedang mengandung, ada baiknya jika dapat mengontrol kadar gula dalam darahnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah komplikasi penyakit yang akan dialami oleh ibu atau janin dalam kandungannya. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut:

  • Ukuran bayi akan lebih besar disbanding ukuran bayi normal. Jika hal ini terjadi, maka kecil kemungkinan ibu akan melahirkan secara normal.
  • Janin dalam kandungan sangat beresiko mengalami diabetes.
  • Janin memiliki resiko yang cukup besar untuk lahir premature.
  • Mempengaruhi organ tubuh janin, seperti jantung, system syaraf, dan tulang belakang.

Itulah beberapa kemungkinan yang akan terjadi jika ibu yang mengandung tidak menjaga kadar gula dalam darah. Berikut cara menangangi diabetes ketika masa kehamilan.

  • Mengkonsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan berserat menjadi salah satu yang dianjurkan. Hal ini dianjurkan karena makanan berserat memiliki peran penting untuk membantu menetralisir kandungan gula dalam darah, sehingga kadar gula akan terkontol.

  • Mengurangi asupan gula

Mengurangi konsumsi gula yang masuk ke dalam tubuh jelas sangat dibutuhkan. Hal ini akan membatu mengontorl kandungan gula dalam darah. Mengurangi kondumsi makanan manis dapat Anda lakukan untuk menjaga banyaknya gula yang masuk ke tubuh Anda.

  • Memperhatikan kandungan karbohidrat dalam makanan

Bagi penderita diabetes, kandungan karbohidrat akan lebih sulit dicerna. Jadi, akan lebih baik jika mengganti asupan karbohidrat dengan gandum, agar lebih mudah dicerna. Selain itu, perhatikan juga jumlah karbohidrat yang Anda konsumsi.

  • Konsultasi dengan dokter

Konsultasikan kondisi Anda dengan dokter. Hal ini akan membatu Anda menjaga kandungan dan konsumsi makanan yang Anda makan. Mintalah saran dari dokter tentang makanan yang harus dihindari.

IKS

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY