Cara Menangani Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ibu hamil yang mengalami kaki bengkak sebenarnya merupakan hal yang wajar. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormone yang terjadi pada tubuh sang ibu hamil. Pelepasan hormon-hormon selama masa kehamilan dapat memicu tubuh menahan lebih banyak cairan dan sodium (garam).

Bengkak terjadi terutama di kaki bagian bawah dan pergelangan kaki. Ternyata selain kaki, tempat bengkak yang umum terjadi pada masa kehamilan adalah pada muka dan leher. Keadaan ini sering terjadi ketika masa kehamilan memasuki usia kehamilan ke 20 minggu.

Pada umunya, kaki bengkak saat hamil terjadi karena adanya penumpukan cairan berlebih di kaki ibu hamil. Hormon kehamilan yang dihasilkan wanita saat hamil akan membuat tubuhnya menahan dan mengumpulkan cairan lebih banyak dibanding saat tidak sedang mengandung.

Gaya gravitasi juga menjadi alasan cairan lebih banyak terkumpul di kaki ibu hamil. Maka, kaki bengkak saat hamil lebih sering terjadi pada saat sore hari setelah ibu beraktivitas, terutama yang melibatkan kegiatan dengan posisi berdiri. Kaki juga akan lebih bengkak saat bangun tidur karena pada saat itu cairan akan banyak berkumpul di kaki sebelah bawah.

Kaki bengkak saat hamil juga terutama akan muncul saat usia kehamilan semakin besar. Ini disebabkan dikarenakan janin di dalam kandungan ibu yang semakin besar. Janin yang semakin besar ini akan memberi hambatan pada pembulur darah balik sehingga membuat lebih banyak cairan berkumpul di kaki. Tidak hanya kaki, bengkak juga dapat terjadi di muka, mata, leher bahkan tangan.

Untuk mengatasi bengkaknya kaki ibu hamil, yuk kita simak beberpa cara dibawah ini:

  • Tetap mengonsumsi garam. Banyak ibu hamil yang mengurangi asupan garam saat hamil dengan alasan takut terjadi kaki bengkak saat hamil dan takut menaikkan tekanan darahnya. Ternyata pernyataan di atas hanyalah mitos. Penelitian menyatakan bahwa tekanan darah tinggi pada ibu hamil tidak dipengaruhi oleh asupan garam yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, ibu hamil tetap dapat makan makanan yang mengandung garam, asal tidak berlebihan. Dengan mengurangi garam, justru akan mengurangi manfaat garam yang didapat oleh janin.
  • Berenang. Berolahraga bukan hanya penting untuk orang biasa, namun juga baik untuk ibu hamil. Olahraga pilihan untuk mengurangi kaki bengkak saat hamil ialah berenang. Olahraga ini akan menguatkan otot dan pembuluh darah kaki ibu hamil sehingga kaki dapat lebih baik menyalurkan dan memompa cairan yang menumpuk ke jantung. Selain itu, berenang merupakan olahraga yang cukup aman dilakukan oleh ibu hamil.
  • Mengonsumsi Seledri, apel dan macam – macam jeruk. Jenis makanan yang tersebut dapat membantu ibu hamil mengatasi kaki bengkak saat hamil. Makanan di atas memiliki fungsi membuang cairan yang berlebihan secara alami sehingga tidak membahayakan tubuh dan membantu mengurangi pembengkakan di kaki.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY