Cara Menangani Obesitas saat Wanita Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan memang membuat bobot tubuh wanita bertambah. Namun, berat badan yang berlebih (obesitas) saat hamil juga tidak baik. Sejumlah cara bisa dilakukan untuk menangani obesitas saat hamil.

Satu hal yang perlu dipahami oleh seorang ibu yang hamil adalah memahami kebutuhan kalori yang dibutuhkan. Wanita yang memiliki berat badan normal sebelum kehamilan membutuhkan kira-kira 300 ekstra kalori per hari selama periode trisemester pertama dan kedua kehamilan.

Mengonsumsi jumlah kalori yang terlalu banyak daripada yang dianjurkan dapat mengarah kepada kenaikan berat badan yang tidak sehat. Bila Anda mengalami obesitas saat mengandung, maka sejumlah risiko kesehatan bisa meningkat, seperti infeksi, diabetes gestasional (diabetes saat hamil), preeklamsia (tekanan darah tinggi dalam masa kehamilan) dan lain-lain.

Jika ini terjadi pada Anda, jangan pernah mencoba dengan sengaja menurunkan berat badan selama kehamilan tanpa rekomendasi khusus dari dokter. Selain itu, Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter mengenai jumlah kalori yang dibutuhkan jika mengandung anak kembar.

Hindari mengonsumsi makanan berkalori yang tidak dibutuhkan tubuh dan makanan yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan berkalori yang tidak dibutuhkan tubuh akan mengarah kepada kenaikan berat badan yang tidak perlu dan juga tidak akan memberikan bayi Anda nutrisi yang dibutuhkan. Mencegah mengonsumsi makanan berkalori yang tidak dibutuhkan adalah cara yang sehat untuk mempertahankan berat badan yang ideal untuk Anda.

Jadi, asupan nutrisi saat hamil sangat penting untuk diperhatikan sebab hal ini menjadi modal utama untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Tak kalah penting, asupan nutrisi yang tepat sangat berguna untuk menjaga stamina dan energi Anda dalam menjalani masa kehamilan.

Sayangnya, muncul anggapan bahwa untuk memperbanyak asupan nutrisi harus dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang banyak. Anggapan ini tentunya kurang tepat dan berisiko terjadinya obesitas. Seandainya Anda telah terlanjur memiliki berat badan berlebih saat hamil, maka hal-hal yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan ini mengandung banyak serat dan air sehingga akan membantu proses pencernaan pada ibu hamil dan memcegah kenaikan berat badan secara drastis.
  • Perhatikan asupan karbohidrat dan pilihlah jenis karbohidrat yang tidak akan memicu terjadinya kenaikan berat badan secara drastis.
  • Batasi penambahan garam dalam setiap masakan yang Anda sajikan sebab garam bisa memicu terjadinya masalah kesehatan pada ibu hamil dan kenaikan berat badan.
  • Berolah raga ringan, seperti berjalan, berenang, dan menari. Hindari olahraga berat yang dapat mengakibatkan rasa sakit di sekitar perut. Hindari pula aktivitas yang bisa mengakibatkan Anda terjatuh atau tergelincir.

Anda juga bisa melakukan senam khusus ibu hamil untuk menjaga kebugaran dan mencegah terjadinya penumpukan lemak. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here