Cara Menangani Penderita Osteomielitis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tulang merupakan bagian yang sangat penting, bisa dibayangkan jika tubuh tanpa tulang tentu hanya akan berupa setumpuk daging saja. Selain itu pada masa anak-anak juga tulang sangat berguna untuk tumbuh kembang anak. Salah satu masalah tulang yang dapat terjadi adalah osteomielitis.

Osteomielitis, penyebab dari penyakit ini adalah adanya bakteri yang membuat infeksi pada tulang. Pada kasus ini biasanya seseorang dicurigai mengalami osteomielitis jika timbul gejala rasa nyeri terus-menerus pada tulang tertentu yang disertai bengkak dan kulit memerah.

Tentu saja pemeriksaan dengan menanyakan gejala saja belum bisa memperkuat dugaan bahwa seseorang terkena osteomielitis  maka perlu dilakukan pemindaian untuk mengetahui adanya kerusakan tulang akibat osteomielitis dengan cara CT scan, MRI scan, USG, dan rontgen. Kemudian dilakukan juga biopsi tulang ini dilakukan untuk mengetahui jenis bakteri yang menyebabkan infeksi pada tulang. Terakhir adalah tes darah, ini dilakukan untuk mendeteksi ada atau tidak penyebaran bakteri di dalam darah atau mengetahui tanda-tanda infeksi melalui pengukuran kadar sel darah putih.

Pengobatan dan penanganan yang dilakukan pada kasus osteomielitis bergantung dari tingkat keparahan kondisi osteomielitis, beberapa pengobatan dan penanganan yang dapat dilakukan antara lain adalah:

  • Antibiotik.¬†Pengobatan paling efektif pada osteomielitis pada anak-anak yang mendapatkan infeksi tulang melalui aliran darah adalah menggunakan antibiotik. Tujuan pemberian antibiotik adalah untuk menghentikan penyebaran membunuh bakteri yang sering menyebabkan osteomielitis. Jika bakteri penyebabnya tidak dapat ditentukan, maka antibiotik akan efektif untuk melawan Staphylococcus aureus, ini adalah bakteri yang paling sering ditemukan sebagai penyebab osteomielitis.
  • Pembedahan.¬†Pembedahan dilakukan pada kondisi yng lebih kompleks dimana pengobatan dengan antibiotik saja belum cuku dan infeksi tetap berlanjut, jika keadaan ini terjadi maka diperlukan pembedahan untuk menggabungkan sendi atau mengamputasi anggota gerak yang terkena agar tidak menjalar ke bagian lain dan semakin parah. Selain itu pada penderita kencing manis, infeksi menyebar dari ulkus di kaki, sering melibatkan sejumlah bakteri dan sulit untuk diobati hanya dengan menggunakan antibitotik saja, pada kondisi yang semakin parah maka diperlukan pembedahan untuk mengangkat tulang yang terinfeksi. Selain itu pembedahan juga dilakuakan jika infeksi tulang berasal dari jaringan lunak di dekatnya, atau pada kondisi infeksi menekan atau mengganggu pada struktur penting lainnya.
  • Pemasangan belat. Ini dilakukan jika pasien memiliki infeksi pada tulang panjang, seperti tangan atau kaki. Pemasangan belat dilalukan agar pasien tidak terlalu banyak bergerak yang dapat memperburuk kondisi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY