Cara Mencegah Bayi Obesitas

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Obesitas menjadi topik yang perlu diperhatikan oleh para ibu yang mempunyai bayi yang mengalami obesitas. Dalam pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang topik obesitas yaitu pengertian dan tanda-tanda obesitas pada anak atau bayi. Kita ingat lagi bahwa obesitas adalah kondisi akumulasi lemak yang tidak normal yang  berlebihan dijaringan adiposa sampai kadar tertentu sehingga hal ini dapat merusak pertumbuhan dan perkembangan anak.

Untuk sebagaian orang tua yang anak atau bayinya  yang belum mengalami kegemukan atau obesitas pasti akan mencari cara mencegah dan menangani obesitas tersebut. Pada dasarnya sama seperti orang deswasa kegemukan atau obesitas tidak baik untuk kesehatan dan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pada tubuhnya. Oleh karena itu para ibu harus mewaspai bagaimana agar anak atau bayinya tidak mengalami obesitas.

Menurut para medis obesitas tersebut diartikan sebagai bentuk penyakit akibat kelebihan berat badan dan istilah ini umumnya disebut sebagai obesitas. Bayi yang mengalami obesitas akan terlihat jelas dari bentuk fisiknya yang jauh lebih gemuk dari pada anak seusiannya.

Obesitas termasuk salah satu gangguan yang sangat serius dan memilki beberapa penyakit yang dapat diserangnya. Kalaupun harus gemuk sebaiknya bayi atau anak anda yang normal saja . Ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya obesitas pada bayi atau anak anda yang dapat anda cegah dengan cara berikut seperti :

  1. Anda dapat menimbang berat badan anak anda secara teratur

Obesitas memang bisa saja terjadi sejak dalam kandungan. Untuk itu agar bayi anda tidak mengalami obesitas setelah bayi lahir anda perlu menimbangnya dan setelah bayi sudah mulai pulang, anda perlu menimbang bayi di posyandu setiap bulannya agar berat badan bayi anda terpantau dalam buku KMS.

  1. Berikan anak anda ASI Ekslusif

Cara terbaik ibu untuk memberikan makanan pada bayinya yaitu ASI Ekslusif selama 6 bulan tanpa tambahan makanan apapun. ASI Ekslusif merupakan makanan terbaik bagi bayi anda yang pencernaannya belum sempurna. ASI Ekslusif dari ibu sudah mengandung berbagai zat nutrisi yang baik untuk pertumbuhannya.  Susu ibu dapat memberikan anti body bagi bayi anda yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhannya nanti. Dan usahanlah anda untuk menyusui anak anda dengan AI Ekslusif. Agar terhindar dari obesitas.

  1. Berikan Bayi makan secara teratur Jika bayi anda diatas 6 bulan

Pemberian ASI Ekslusif selama 6 bulan, nah jika anak anda sudah mencapai usia 7 bulan anda boleh memberinya makan secara teratur pagi, siang dan sore atau malam boleh juga diselingi dengan makanan ringan seperti bubur bayi, pisang atau sayuran lain yang anda olah menjadi bubur agar bayi anda sehat dan tidak lapar, jangan biarkan bayi anda meminta makan dan menangis karena lapar karena hal ini tidak sehat untuk pencernaannya. Pola makan yang baik adalah memberi makan secara teratur hal ini merupakan salah satu upaya untk mengontrol nafsu makannya. Jadi salah satu cara terbaik untuk mencegah obesitas pada anak anda. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here