Cara Mencegah dan Menanggulangi Polusi Suara

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Manusia memiliki batas pendengaran dan tidak semua hal dapat di dengar oleh manusia. Kemampuan pendengaran manusia frekuensinya sekitar 20 Hz sampai 20.000 Hz. Apabila manusia berada dalam wilayah yang bising maka hal ini akan beresiko mengalami gangguan pendengaran yang disebabkan oleh polusi suara. Banyak yang menjadi sumber polusi suara dan tentunya hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja sehingga perlu di adakannya pencegahan dan penanggulangan terhadap polusi suara.

Bagaimana cara mencegah terjadinya polusi suara?

  1. Membuat ruangan kedap suara

Agar dapat memblokir terjadinya polusi suara maka anda dapat melakukannya dengan cara membuat rumah anda menjadi kedap suara agar anda tidak bisa mendengarkan kebisingan disekitar rumah anda yang disebabkan oleh polusi suara. Hal ini tentunya membuat anda lebih tenang dan nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan juga pada saat beristirahat. Bahan yang dapat anda gunakan untuk peredam bising suara yaitu karpet dan panel busa. Kedua bahan tersebut memiliki harga ekonomis dan gampang di pasang serta memiliki efektivitas yang tinggi.

  1. Buat suasana kamar atau area tenang dengan menghindari mesin yang berisik

Untuk mencegah kebisingan sebaiknya area kamar atau area tertentu di jauhkan dari mesin atau barang yang membuat kebisingan sehingga muncullah polusi suara. Hal ini akan membuat kamar atau ruangan tersbut menjadi lebih tenang dan nyaman saat ditimpati anda untuk beristirahat. Selain menghindari mesin yang ada di dalam ruangan sebaiknya anda juga mengurangi penggunaan barang-barang elektronik yang membuat kebisingan. Contohnya penggunaan TV dan penggunaan AC.

  1. Menjauhi kebisingan apabila anda berada dilingkungan yang ramai

Menjauhi dari kebisingan setiap hari mungkin suatu hal yang mustahil untuk dilakukan karena pada hakikatnya kita adalah makhluk sosial yang hidup berada di lingkungan masyarakat. Terlebih lagi apabila tempat tinggal anda berada dalam lingkungan yang ramai seperti halnya dekat dengan jalan raya tentunya setiap hari anda akan terpapar polusi suara yang disebabkan oleh kendaraan. Menjauh untuk beberapa saat dari keramaian tersebut merupakan hal yang tepat anda lakukan untuk mengembalikan keseimbangan emosi. Pergilah ke tempa yang tenang dan nikmati ketenangan tersebut.

Bagaimana cara menanggulangi terjadinya polusi udara?

  1. Untuk menanggulangi terjadinya polusi udara anda menanam pohon disekitar rumah anda. Contoh tanaman tersebut yaitu rumput, bambu jepang, dan lain-lain.
  2. Melakukan pendidikan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan membentuk sikap positif yang dapat dilakukan bersama untuk menghindari berbagai macam pencemaran lingkungan seperti halnya polusi suara.
  3. Menangulangi pencemaran lingkungan termasuk polusi suara bukan hanya tugas pemerintah melainkan tugas bersama setiap manusia. Tumbuhkan rasa tanggungjawab terhadap kepentingan bersama dan menghindari berbagai macam pencemaran lingkungan seperti polusi suara.
  4. Memberikan berbagai macam penyuluhan mengenai hal ini dengan cara kampaye atau melalui media sosial untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan contoh secara langsung atau tidak langsung.
  5. Pemerintah dapat menanggulangi hal ini dengan cara memperkuat undang-undang dan memberikan sanksi kepada pencemaran. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here