Cara Mencegah dan Mengobati Radang Amandel

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Istilah amandel tentu bukan suatu hal yang asing lagi untuk di dengar masyarakat Indonesia. Kondisi ini sering kali dianggap sebagai suatu penyakit. Persepsi itu kurang tepat karena hal ini merupakan suatu organ normal pada tubuh kita.

Istilah yang tepat adalah radang amandel, dalam dunia medis istilah amandel diebut dengan tonsilitis. Amandel atau tonsil adalah dua buah jaringan yang menjadi satu pasang yang letaknya dibagian belakang mulut (tenggorokan). Fungsi dari dua buah jaringan tersebut yaitu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Radang amandel atau Tonsilitis adalah terjadinya peradangan pada dua buah jaringan tersebut (amandel) yang ditandai dengan pembengkakan. Penyakit radang amandel belum diketahui dengan pasti penyebabnya akan tetapi ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan radang amandel seperti usia, konsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat seperti gorengan, ciki-ciki, es dan lain-lain.

Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, akan tetapi lebih sering terjadi pada anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak belum mengetahui dengan pasti makanan yang mereka konsumsi sehat atau tidak.

Pengobatan Radang Amandel pada Anak

  1. Meminum perasan air lemon

Lemon mrupakan jenis buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak yang dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila daya tahan tubuh si kecil meningkatkan maka dapat melawan virus dengan baik. Sehingga proses pengobatan dan penyembuhan akan lebih cepat.

  1. Kumur dengan bahan alami

Anda dapat membuat ramuan herbal yang terbuat dari air garam atau perasan air jeruk nipis atau lemon untuk digunakan si kecil berkumur. Sifat asam dan asin dari kedua bahan tersebut dipercaya dapat mengurangi peradangan.

  1. Susu hangat

Menyiapkan susu hangat yang dicampur sedikit bubuk kunyit dan merica dapat menjadi ramuan herbal untuk mengobati radang amandel.

  1. Minum jus sayuran mentah

Jus yang terbuat dari sayuran seperti wortel, buah bit, dan mentimun dapat menjadi ramuan herbal untuk mengobati radang amandel. Meskipun hal ini sulit untuk diberikan kepada anak, akan tetapi ketiga perpaduan sayuran tersebut memiliki efek yang sangat baik jika di konsumsi si kecil.

  1. Periksa ke dokter

Apabila anda sudah melakukan beberapa cara pengobatan diatas anak tidak sembuh dari penyakit radang amandel. Sebaiknya anda membawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang lebih baik.

Pencegahan Radang Amandel pada anak

  1. Menjaga kebersihan mulut

Radang amandel dapat di cegah dengan cara menjaga kebersihan mulut dengan rajin menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari dilakukan pagi dan malam sebelum tidur. Selain itu bila perlu anda menggunakan obat kumur untuk membersihkan kuman dan bakteri baik alami maupun yang sudah berbentuk kemasan.

  1. Mengkonsumsi minuman probiotik

Minuman yang memiliki kandungan probiotik dapat menjadi salah satu upaya dalam pencegahan penyakit amandel. Minuman tersebut dapat anda temukan dalam bentuk youghurt.

  1. Minum air putih

Dalam sehari takaran normal konsumsi air putih bagi orang dewasa 8 gelas sehari. Hal ini ternyata dapat juga membantu mencegah terjadinya radang amandel.

  1. Menjaga pola makan

Menjaga pola makan baik untuk kesehatan. Sebaiknya hindari minuman dingin pada saat anda mengkonsumsi makanan panas. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here