Cara Mencegah Infeksi Jamur Vagina pada Kehamilan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Infeksi jamur vagina atau keputihan saat hamil merupakan salah satu jenis infeksi vagina yang sering dikeluhkan ibu hamil. Sebab, selain membuat ibu hamil tidak nyaman, infeksi jamur yang dibiarkan selama kehamilan akan membahayakan kondisi bayi saat proses persalinan.

Bahaya tersebut tentunya membuat ibu hamil ingin terhindar dari infeksi jamur vagina sehingga kesehatannya dan janin akan selalu terjaga. Untuk menghindari infeksi jamur vagina saat hamil, anda bisa melakukan beberapa pencegahan seperti berikut ini:

  1. Selalu bersihkan vagina dengan benar

Meski mudah dilakukan, karena malas atau khususnya pada ibu hamil meras kesulitan saat membilas vagina setelah buang air kecil, membuat anda tidak membersihkan vagina dengan cara yang benar. Cara yang benar untuk membersihkan vagina setelah buang air kecil yaitu dengan melakukan bilasan dari arah depan ke belakang sehingga mencegah infeksi jamur atau kuman lainnya.

  1. Jaga daerah vagina tetap kering

Keadaan yang lembab akan menjadi media yang bagus untuk pertumbuhan jamur dan menyebabkan infeksi jamur vagina. Untuk mencegahnya penting bagi anda selalu menjaga kondisi vagina tetap kering sehingga tidak terjadi pertumbuhan jamur yang berlebihan. Seperti selalu mengelap vagina dengan tisu atau handuk setelah buang air kecil sehingga vagina tidak lembab.

  1. Gunakan celana dalam yang menyerap keringat

Bahan dari celana dalam yang anda gunakan juga membantu mencegah infeksi jamur vagina saat hamil. Sebaiknya gunakan celana dalam berbahan katun yang daya serapnya bagus dan juga tidak terlalu ketat bagi anda. Penting juga untuk selalu rutin menganti celana dalam yang anda pakai sehingga vagina selalu bersih.

  1. Hindari penggunaan pembersih vagina

Mungkin beberapa wanita yang belum tahu, justru menggunakan pembersih vagina dalam bentuk sabun dan lainnya untuk mencegah infeksi jamur vagina. Jika anda termasuk menggunakan cara ini, sebaiknya hentikan karena penggunaan sabun pembersih vagina akan menganggu keseimbangan bakteri pada vagina yang akhirnya menyebabkan infeksi jamur vagina.

  1. Jaga pola hidup sehat

Sangat penting ibu hamil menjaga pola hidupnya tetap sehat karena anda juga harus menjaga janin yang ada di dalam kandungan. Jaga pola hidup sehat anda dengan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga dan juga hindari stres.

Itulah cara mencegah infeksi jamur vagina saat anda hamil. Semoga anda bisa terhindar dari infeksi jamur vagina sehingga anda dan janin sehat sampai waktunya melakukan persalinan. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here