Cara Mencegah Kanker Mata pada Anak (Retinoblastoma)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Retinoblastoma atau kanker mata pada anak adalah penyakit kanker yang terjadi pada retina mata. Retina adalah bagian mata yang berfungsi sebagai penerima cahaya dan sangat peka dengan cahaya. Kanker mata bisa menyerang siapa saja, namun berdasarkan data stastistik setiap tahun ada 200 juta anak di dunia menderita penyakit retinoblastoma. Penyakit kanker mata ini sangat berbahaya bagi anak karena bisa mengakibatkan kebutaan bahkan bisa berakibat fatal seperti kematian.

Penyakit kanker mata pada anak atau retinoblastoma merupakan penyakit yang susah untuk disembuhkan bahkan tidak bisa disembuhkan atau hanya bisa dicegah. Apabila anak sudah terdiagnosis menderita penyakit ini maka tindakan yang bisa dilakukan hanya bisa mencegah agar tidak menjalar ke bagian tubuh lain, yaitu dengan cara diangkat mata yang terkena kanker tersebut. Namun tetap masih ada kemungkinan bisa disembuhkan jika ukuran kanker masih sangat kecil atau sekitar setengah sentimeter. Pencegahan menjadi lebih susah dilakukan karena penyebab kanker mata pada anak tidak pasti.

Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker mata pada anak:

  • Identifikasi Dini

Pada tahap awa silahkan lakukan identifikasi dini atau kenali gejala penyakit kanker mata pada anak dengan periksa ke dokter mata. Kanker yang muncul dan teridentifikasi pada stadium awal biasanya dapat disembuhkan. Kebanyakan kasus retinoblastoma pada anak yang terdeteksi sejak awal serta ditangani  secara cepat dan tepat dapat disembuhkan. Bahkan ada kemungkinan mata masih bisa dipertahankan tanpa perlu pengangkatan jika ukuran kanker masih kurang dari 0,5 cm. Namun apabila semakin terlambat di deteksi, peluang sembuh penderita retinoblastoma semakin kecil.

  • Jaga pola makan anak

Anak yang sudah di identifikasi atau di diagnosis menderita kanker mata (retinoblastoma) di usahakan untuk menjaga pola makan dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak bahan kimia, seperti makanan instan yang ada bahan pengawet kimianya.

  • Hindari kontak bahan kimia secara langsung

Orang tua juga harus mengawasi anaknya yang di diagnosa menderita kanker mata, salah satunya dengan memerhatikan penggunaan shampo dan sabun pada saat mandi agar tidak kontak langsung dengan mata. Karena shampo dan sabun mengandung bahan kimia . Pastikan menggunakan sabun dan shampo yang aman.

  • Jauhkan dari Radiasi

Jauhkan anak dari radiasi yang berbahaya seperti radiasi sinar x, radiasi komputer dan handphone secara langsung. Jaga selalu kebersihan diri anak.

Langkah-langkah pencegahan dapat dilakukan dengan mulai melakukan identifikasi dini pada anak.  Dengan melakukan identifikasi dini, maka tingkat keparahan penyakit kanker mata bisa di deteksi dari awal sehingga bisa dicegah dan diobati. Identifikasi dini dilakukan dengan cara mengenali gejala-gejala penyakit kanker mata yang umum terjadi dan melihat lihat langsung perbedaan kondisi antara mata normal dan mata anak yang mengalami kanker mata. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here