Cara Mencegah Penyakit Flu Singapura

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Meskipun di Indonesia belum ada data pasti mengenai kasus terjadinya flu singapura, akan tetapi pada tahun 2009 terdapat sekitar 8 kasus terjadinya flu singapura di Jakarta. Tidak adanya data pasti mengenai penyakit tersebut karena kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap penyakit flu singapura sehingga masyarakat sering keliru penyakit flu singapura dengan menyakit cacar air, herpes dan infeksi tenggorokan.

Penyakit flu singapura merupakan salah satu kondisi yang harus diwaspadai karena dapat menimbulkan beberapa komplikasi terjadinya penyakit baru. Agar anak dapat terhindar dari penyakit flu singapura. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit flu singapura, antara lain sebagai berikut :

  1. Menjaga kebersihan

Kebersihan salah satu hal yang disukai oleh agama karena agama islam menyebutkan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Selain itu kebersihan dapat menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit. Untuk mencegah terjadinya flu singapura pada anak, anda dapat menerapkan dan mengajarkan hidup bersih dan sehat kepada anak. contohnya mencuci tangan sebeblum dan sesudah makan, membersihkan mainan anak, dan lain-lain.

  1. Hindari penggunaan tempat makan bersama

Daya tahan tubuh anak lebih rendah dibandingkan orang dewasa. Salah satu pencegahan yang dapat anda lakukan agar anak terhindar dari penyakit salah satunya penyakit flu singapura yaitu dengan cara menghindari penggunaan alat makan bersama-sama. Selain itu anda dapat membawakan anak bekal makanan dan minuman untuk di sekolah.

  1. Tingkatkan daya tahan tubuh

Memberikan makanan bergizi dan sehat salah satu upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Apabila daya tahan tubuh anak baik maka tubuh dapat menangkan virus, bakteri atau jamur penyebab terjadinya penyakit termasuk penyakit flu singapura.

  1. Hindari interaksi dengan penderita

Apabila si kecil memiliki teman yang sedang mengalami flu singapura, sebaiknya anda memberikan pengertian kepada anak untuk menghindari interaksi anak dengan pasien. Hal ini dilakukan bukan untuk menjauhkan akan tetapi demi menjaga kesehatan anak anda agar tidak tertular.

  1. Istirahat yang cukup

Kebutuhan istirahat yang terpenuhi dapat membuat tubuh sehat dan bugar karena sistem kekebalan tubuh anak akan meningkat. Hal ini tentunya anak akan kebal apabila diserang oleh bakteri dan virus penyebab penyakit.

  1. Minum air mineral

Orang dewasa minimal mengkonsumsi air mineral sebanyak 8 gelas. Hal ini berlaku juga pada anak bahkan mungkin lebih dari 8 gelas karena anak lebih aktif untuk beraktivitas. Mengkonsumsi banyak air mineral dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak agar terhindar dari penyakit termasuk penyakit flu singapura.

  1. Jangan pandang remeh flu

Apabila anak mengalami flu dan dalam waktu 3 hari flu tersebut tidak sembuh. Sebaiknya anda harus memeriksakan kesehatan anak pada dokter karena anda harus waspada terjadinya beberapa penyakit yang ditandai munculnya flu, demam dan timbulnya ruam ditubuh. Menurut sumber Healthline menyatakan bahwa virus enterovirus penyebab flu singapura akan lebih mudah menyerang pada anak yang sudah terserang flu biasa. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh anak yang lemah sehingga virus tersebut dengan mudah dapat masuk ke dalam tubuh si kecil. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here