Cara Mencegah Terjadinya Syndrom Burn Out

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dalam istilah psikologi burn out adalah kondisi yang digunakan untuk menggambarkan perasaan gagal dan lesu akibat suatu tuntutan yang terlalu membebankan tenaga dan kemampuan seseorang. Istilah burn out pertama kali dikenalkan oleh seorang ahli yang bernama Freudenberger pada tahun 1974.

Selain itu pada tahun 2005 Stamm B dalam ProQUOL Manual menyatakan bahwa istilah burn out dalam perspektif penelitian diartikan sebagai suatu kondisi perasaan yang tidak ada harapan dan kesulitan untuk melakukan pekerjaan secara efektif. Selain itu Stamm menjelaskan bahwa perasaan negatif pada kondisi burn out muncul secara perlahan-lahan.

Sedangan menurut organisasi kesehatan dunia WHO menjelaskan bahwa burn out syndrome adalah salah satu kondisi stres kronis. Karena kondisi ini memiliki kaitannya dengan pekerjaan sehingga kondisi ini sering disebut dengan occupational burn out atau jib burn out. Kondisi ini tentu akan merusak pekerjaan anda segera harus segera diatasi dan perlu anda cegah. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah burn out, antara lain :

  • Cari tahu kapasitas kemampuan diri

Untuk mencegah syndrom burn out anda sebaiknya mencari tahu kapasitas kemampuan diri dalam melakukan suatu pekerjaan. Untuk melakukan hal tersebut anda dapat melakukannya dengan cara menerima pekerjaan banyak sekali dua kali dan coba ukur apakah anda benar-benar mampu melakukannya atau tidak.

  • Memiliki tujuan yang jelas

Buatlah tujuan yang jelas untuk setiap pekerjaan bahkan karier yang anda lakukan. Hal ini akan membuat anda lebih paham dan memiliki pola kerjaan yang telah ditentukan untuk mencapat tujuan yang telah ditetapkan. Selain itu dengan memiliki tujuan yang jelas akan membuat anda menjadi disiplin, pintar membagi waktu, berfikir positif dan rileks saat melakukan suatu pekerjaan.

  • Berani katakan tidak

Memaksakan diri untuk melakukan hal yang tidak bisa dilakukan oleh diri kita hanya akan memberikan beban dan membuat kita stres sehingga dalam pekerjaan anda harus berani mengatakan tidak pada saat kondisi anda memang tidak mampu untuk melakukannya. Hal ini merupakan salah satu cara agar anda terhindar dari kondisi burn out.

  • Nikmati waktu rehatmu

Apabila anda menjadikan sebagai hobi anda itu boleh-boleh saja dilakukan. Akan tetapi anda harus ingat bahwa tubuh anda juga memerlukan waktu istirahat sehingga anda harus menikmati waktu rehat dalam pekerjaan anda. Waktu rehat disini merupakan waktu istirahat pada saat jam kerja, pulang kerja, bahkan waktu di akhir pekan.

  • Hindari keinginan untuk menjadi sempurna

Dalam dunia pekerjaan tentu suatu hal yang wajar jika adanya sebuah persaingan sehingga anda harus bisa mengkontrol diri untuk menjadi pribadi yang sempurna, terlebih jika anda adalah individu yang ambisius dalam menggapai sebuah cita-cita. Memiliki cita-cita dan mimpi yang tinggi boleh saja akan tetapi hindari menjadi pribadi yang memaksa dalam segala hal untuk menjadi sempurna. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here