Cara Mencegah Timbulnya Noda Hitam

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kelebihan sekresi melanin pada kulit dapat memicu munculnya noda hitam pada wajah. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini termasuk paparan sinar matahari, ketidakseimbangan hormon, kehamilan, obat-obatan tertentu, kekurangan vitamin, kurang tidur, dan terlalu banyak stres. Noda hitam pada wajah tentunya mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Ada berbagai krim dan serum yang dapat digunakan untuk membantu mencegah, mencerahkan, dan mengurangi noda hitam. Tapi, pilihan pengobatan semacam itu tidak lepas dari risiko efek samping. Oleh karenanya, lebih baik pilih cara yang lebih aman seperti berikut ini:

  • Lindungi kulit dari sinar UV. Semua orang memerlukan perlindungan menyeluruh terhadap berbagai bahaya paparan sinar ultraviolet terhadap kulit, mulai dari kulit kusam, flek hitam, penuaan dini, hiperpigmentasi, bahkan kanker kullit. Sebaiknya paparan langsung sinar ultraviolet ketika matahari sedang terik-teriknya terutama antara pukul 09.00-15.00 menggunakan tabir surya yang tepat untuk melindungi kulit. Tabis surya dengan SPF 15 dapat digunakan untuk aktifitas sehari-hari, sedangan tabir surya dengan SPF 30 untuk paparan intens. Gunakan payung, topi atau pakaian dan celana panjang untuk perlindungan lebih maksimal ketika keluar rumah.
  • Makan sehat. Bila tubuh sehat, kulit juga sehat. Kesehatan tubuh yang baik dapat diperoleh dengan konsumsi makanan sehat dengan mengacu pada pola makan gizi seimbang. Secara khusus, konsumsi buah dan sayur dapat membantu mencegah munculnya flek atau noda hitam di wajah. Ini karena buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral yang merupakan elemen penting untuk kulit sehat dan cerah. Pastikan juga kebutuhan cairan terutama air putih tercukupi setiap harinya (delapan sampai 12 gelas per hari). Air membantu proses detoksifikasi serta menjaga sel-sel kulit tetap sehat.
  • Bijak pakai kosmetik. Gunakan produk perawatan atau kosmetik yang ramah kulit. Saat ini, banyak kosmetik mengandung paraben, hidroquinon, dan bahan kimia berbahaya lainnya yang berpotensi memicu penyakit, salah satunya kanker. Karena sulit menemukan kosmetik yang 100% aman, segera cuci muka setelah selesai menggunakan make-up agar kulit dapat kembali bernapas setelah seharian terlapisi oleh make- Hindari juga make-up yang terlalu tebal, apalagi dibiarkan untuk jangka waktu yang lama atau dipakai terlalu sering.
  • Regenerasi kulit. Setelah usia 25, metabolisme tubuh mulai melambat. Regenerasi kulit perlu dioptimalkan agar terjaga kekenyalannya dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini seperti noda hitam dan kerutan. Pengangkatan sel kulit mati dan pemakaian krim malam dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Saat ini, banyak pula jenis dan metode perawatan agar kulit tetap cantik, salah satunya dengan Tapi, perawatan semacam ini memerlukan biaya yang cukup mahal. Jangan khawatir, masih ada cara alami yang dapat dilakukan untuk mempercepat regenerasi kulit. Sebagai perawatan dari dalam, penting untuk memerhatikan asupan makanan diimbangi dengan cukup istirahat dan cukup olahraga. Sebagai perawatan dari luar, jangan lupa untuk secara rutin membersihkan wajah dari berbagai debu, polusi, dan sisa make-up setiap hari sebelum tidur. Pakai juga krim pelembab dan tabir surya setiap hari sebelum beraktivitas.

Home remedies

Ketika Anda menyadari noda hitam telah muncul di wajah, ini dapat segera diatasi dengan bahan-bahan alami yang sering kita jumpai sehari-hari. Bahan-bahan tersebut juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit sehari-hari, seperti untuk campuran masker. Beberapa bahan yang dapat digunakan adalah:

  • Lidah buaya: Gosokkan lidah buaya pada setiap flek atau noda hitam satu sampai dua kali setiap hari selama beberapa minggu.
  • Susu: Gunakan bola kapas untuk mengoleskan susu ke area noda hitam dan biarkan selama sekitar delapan sampai 10 menit kemudian cuci. Lakukan ini dua kali sehari selama enam
  • Lemon: Gunakan bola kapas untuk mengoleskan air lemon ke area noda hitam, biarkan hingga kering kemudian cuci wajah dengan air bersih. Lakukan setidaknya sekali per hari selama dua minggu.
  • Bahan lainnya: Bahan alami lain yang dapat digunakan adalah nanas, madu, lobak, yoghurt, mentimun, kentang, kunyit, pepaya, atau tomat. Cara penggunaaanya tidak jauh berbeda dengan bahan-bahan di atas.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY