Cara Mencerahkan Ketiak dan Selangkangan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagian tubuh mana yang sering tertutup, tapi cenderung berwarna lebih gelap dibandingkan area kulit lainnya yang juga sering tertutup? Bisa jadi area itu adalah ketiak dan selangkangan. Adakah cara untuk mencerahkannya?

Kulit bagian ketiak dan selangkangan memang berbeda dari kondisi kulit pada bagian tubuh yang lainnya. Hal ini disebabkan karena ketiak dan selangkangan merupakan bagian tubuh yang paling sering terjadi gesekan jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Hal ini akhirnya menyebabkan pigmentasi yang berlebihan (hyperpigmentasi). Di samping itu, jamur dan bakteri dari keringat juga bisa menjadi faktor penyebab warna kulit ketiak dan selangkangan menjadi gelap.

Nah, berikut adalah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengubah warna kulit ketiak dan selangkangan menjadi lebih cerah:

  • Lemon dan baking soda

Siapkan buah lemon dan baking soda dalam mangkuk kecil sesuai takaran kebutuhan Anda. Peraslah lemon sedikit demi sedikit. Aduk baking soda dengan lemon hingga menjadi seperti pasta. Jika belum menjadi pasta, Anda bisa menambahkan lemon lagi sedikit demi sedikit hingga menjadi pasta sempurna. Ambil pasta secukupnya dengan menggunakan jari. Oleskan pada ketiak atau selangkangan. Lakukan scrubbing dengan gerakan memutar yang stabil. Ulangi gerakan tersebut selama kurang-lebih tiga menit. Jika sudah selesai, bilaslah dengan menggunakan air bersih. Estimasi waktu cara ini dapat dilakukan kurang dari 10 menit.

  • Tawas

Rendamlah tawas dalam air hangat. Kemudian, oleskan tawas pada kulit ketiak atau selangkangan Anda. Penggunaan tawas untuk mencerahkan kulit ketiak dan selangkangan disarankan maksimal dua kali dalam satu minggu karena tidak terlalu baik jika digunakan secara berlebihan.

  • Bengkuang

Cara alami memutihkan kulit ketiak dan selangkangan dengan buah bengkuang ini sangat mudah, yaitu hanya dengan menghaluskan satu buah bengkuang. Caranya bisa dengan diparut atau di-blender. Setelah bengkuang menjadi halus, maka Anda bisa mengoleskan bengkuang tersebut ke daerah yang Anda tuju, yaitu ketiak dan juga selangkangan. Cara mengoleskannya adalah secara tipis-tipis saja supaya mudah kering.

  • Jeruk nipis

Selain untuk mencerahkan kulit, kandungan vitamin C yang tinggi pada buah ini juga membuat jeruk nipis sering dipakai untuk mencerahkan kulit ketiak dan juga selangkangan. Irislah jeruk nipis dan belah menjadi dua bagian. Oleskan jeruk nipis pada bagian ketiak dan juga selangkangan Anda. Anda bisa juga menggunakan air perasan jeruk nipis yang kemudian dioleskan pada daerah yang Anda tuju.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat melembabkan kulit dan jika dikombinasikan dengan kandungan vitamin C, efeknya lebih bagus karena dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencerahkan area tertentu kulit Anda, misalnya ketiak. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here