Cara Mendeteksi Kanker Payudara pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Meskipun laki-laki tidak memiliki payudara layaknya wanita, laki-laki juga memiliki sejumlah kecil jaringan payudara. “Payudara” dari seorang pria dewasa mirip dengan payudara remaja perempuan sebelum pubertas. Pada anak perempuan, jaringan ini dapat tumbuh dan berkembang, namun pada pria, tidak. Meskipun masih berupa jaringan payudara, pria tetap bisa terserang kanker payudara. Pria bisa terkena penyakit kanker payudara seperti yang menyerang pada perempuan, tetapi kanker pada bagian-bagian payudara seperti bagian produksi dan penyimpanan ASI sangat jarang dialami oleh pria.

Laki-laki di bawah usia 35 tahun sangat jarang terserang penyakit kanker payudara. Kemungkinan kanker payudara pria muncul seiring dengan usia. Kebanyakan kanker payudara terjadi pada pria dengan rentang usia 60 tahun hingga 70 tahun.

Faktor risiko lain dari kanker payudara laki-laki termasuk:

  • Adanya kanker payudara pada saudara perempuan dekat (ibu, nenek, tante, kakak kandung, adik kandung)
  • Riwayat paparan radiasi dada
  • Adanya pembesaran payudara (ginekomastia) dari hormon atau obat perawatan, atau bahkan akibat infeksi dan toksin
  • Intake estrogen
  • Sebuah kondisi genetik langka yang disebut sindrom Klinefelter
  • penyakit hati yang berat (sirosis)
  • Penyakit testis seperti mumpsorchitis, cedera testis, testis tidak turun

Seserius apakah kanker payudara pada pria?

Awalnya, para ahli menduga bahwa kanker payudara pada pria lebih parah dan berisiko daripada yang terjadi pada wanita, ternyata setelah diteliti, keparahan penyakit ini antara pria dan wanita adalah sama.

Yang membuat kanker payudara pada pria terlihat lebih parah dan berisiko adalah karena pada stadium awal, kanker payudara pada pria seringkali tidak terdeteksi. Hal ini dapat diakibatkan karena kekurangtahuan masyarakat bahwa kanker payudara dapat dialami pria sehingga penyakit kanker payudara pada pria sering di diagnosis terlambat. Sulitnya mendeteksi kanker payudara pada pria juga dipengaruhi oleh jaringan payudara pria yang lebih kecil sehingga lebih sulit untuk dirasakan dan dideteksi lebih awal. Ini juga berarti bahwa tumor dapat menyebar lebih cepat ke jaringan lain di sekitarnya.

Apakah Gejala Kanker Payudara pada Pria?

Gejala kanker payudara pada pria hampir sama dengan yang pada wanita. Sebagian besar kanker payudara pria terdiagnosis ketika dirinya menemukan sebuah benjolan di dadanya. Tapi tidak seperti wanita, pria cenderung akan menunda pergi ke dokter sampai mereka memiliki gejala yang lebih parah, seperti setelah terjadi perdarahan dari puting payudara. Pada saat itu kanker mungkin sudah menyebar.

Bagaimana Kanker Payudara Didiagnosis dan Diobati?

Untuk mengdiagnosa kanker payudara pada pria digunakan teknik yang sama yang digunakan untuk mendiagnosa kanker payudara wanita, yaitu mamografi, ujian/test fisik, dan biopsi (memeriksa sampel kecil jaringan di bawah mikroskop).

Perawatan dan pengobatan yang digunakan pada kanker payudara pria juga hampir sama deengan pengobatan dan perawatan kanker payudara wanita, yaitu pembedahan, radiasi, kemoterapi, terapi hormon dan biologi. Satu perbedaan utama adalah bahwa pria yang mengalami kanker payudara merespon terapi hormon jauh lebih baik daripada respon wanita. Sekitar 90% dari kanker payudara pria memiliki reseptor hormon, yang berarti bahwa terapi hormon dapat bekerja di sebagian besar pria untuk mengobati penyakit kanker payudara. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here