Cara Mendiagnoasa Penyakit Radang Panggul

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit radang panggul adalah penyakit yang menyerang rahim dan bagian-bagian lainnya. Penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri ke organ tersebut, sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai penyakit infeksi rahim. Penyakit ini hanya menyerang kaum hawa saja, terutama bagi yang kehidupan seksualnya sudah aktif. Wanita yang terserang biasanya berada pada usia reproduktif, yaitu 17-40 tahun. Kasus radang panggul atau infeksi rahim yang tidak ditangani secara benar dan tepat dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi seperti sakit perut kronis, infertilitas hingga kehamilan di luar rahim (ektopik).

Lalu, apa gejala dan ciri-ciri radang panggul? Apakah berbahaya? Gejala penyakit radang panggul dapat bermacam-macam, mulai dari tidak menimbulkan gejala, munculnya keputihan hingga rasa nyeri pada daerah panggul dan perut bawah. Tak jarang, penyakit radang panggul atau penyakit infeksi rahim akan mengganggu kehidupan seksual seorang perempuan, karena dapat menimbulkan rasa nyeri yang mendalam ketika berhubungan intim. Mengenal gejala penyakit ini sangatlah penting untuk diketahui, karena komplikasi yang ditimbulkan dari penyakit radang panggul bukanlah kondisi yang mudah disembuhkan. Berikut ini adalah gejala dan ciri-ciri radang panggul yang dapat terjadi pada perempuan:

  • Nyeri yang terus menerus pada perut bagian bawah
  • Keluarnya keputihan dari organ intim, kadang berwarna dan berbau serta memiliki jumlah yang banyak
  • Demam yang sering muncul, baik terus menerus maupun hilang lalu timbul
  • Rasa nyeri yang dirasakan saat berhubungan intim
  • Keluarnya darah selesai dan sesaat berhubungan intim
  • Sensasi terbakar ketika berkemih atau di akhir berkemih
  • Munculnya perdarahan atau flek yang terjadi di antara waktu siklus menstruasi (yang seharusnya tidak keluar)

Lantas, bila Anda telah memiliki gejala, ciri-ciri dan tanda-tanda radang panggul atau infeksi rahim, apakah yang harus dilakukan untuk dapat mendiagnosa dan memastikan penyakit tersebut? Cara mendiagnosis penyakit ini adalah melalui perantara dokter kandungan yang berkompetensi. Mulai dari gejala dan tanda yang timbul lalu dikombinasikan dengan hasil test yang didapatkan setelah melakukan pemeriksaan fisik. Bila gejala dan pemeriksaan fisik memang sudah mengarah pada penyakit radang panggul, maka dokter dapat melakukan pemeriksaan penunjang lainnya.

Beberapa jenis pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis penyakit radang panggul adalah tes urine, tes darah, dan tes kehamilan. Untuk lebih menunjang, dapat dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat keadaan rahim. Dokter juga dapat melakukan CT Scan atau MRI. Selain pemeriksaan tersebut, juga dapat dilakukan pencarian kuman dari keputihan penderita yang diambil melalui organ intim. Hasil pemeriksaan ini digunakan sebagai bahan yang diteliti di laboratorium untuk mencari jenis kuman atau bakteri apa yang menyerang penderita.

Adapun diagnosa penyakit radang panggul berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Berikut adalah  beberapa pemeriksaan yang biasa dilakukan:

  • Pemeriksaan atau cek darah lengkap
  • Pemeriksaan cairan dari serviks
  • Laparoskopi
  • Kuldosentesis
  • USG panggul (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY