Cara Menetralkan Seseorang yang Mabuk Alkohol

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sakit kepala, pandangan berputar, pusing, mual hingga jantung berdetak kencang adalah bayaran atas perilaku mengonsumsi alkohol. Kalau Anda atau orang di sekeliling Anda mengalaminya, maka tangani segera agar tidak berdampak lebih buruk.

Ada beragam cara untuk menangani seseorang yang mabuk alkohol. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Air

Minum banyak air bisa menjadi solusi untuk menangani seseorang yang mabuk alkohol. Sejumlah ahli gizi menyarankan, seseorang harus minum segelas air putih untuk setiap satu gelas alkohol yang dikonsumsi. Air dapat membantu mencairkan alkohol dan mengurangi tingkat racun di dalam tubuh. Selain itu, alkohol bisa membuat seseorang dehidrasi. Cara mengatasi dehidrasi yang tepat apa lagi kalau bukan meminum air.

  • Madu

Senyawa fruktosa yang terkandung di dalam madu mampu bekerja aktif untuk menghancurkan racun. Alkohol yang dikonsumsi oleh manusia akan dipecah menjadi senyawa aseltalhehide yang merupakan zat racun. Racun tersebut kemudian diolah menjadi karbon dioksida yang mudah dikeluarkan oleh tubuh. Dengan memperbanyak konsumsi madu, metabolisme tubuh pun kembali normal.

  • Buah dan sayuran segar

Berbagai vitamin dan mineral pada buah serta sayuran, seperti vitamin C dan kalium, dapat meningkatkan fungsi tubuh dan tingkat energi sekaligus membantu meredakan mabuk. Buah dan sayuran juga berguna untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan alkohol karena realtif mudah dicerna. Jika tak dimasak atau dimakan langsung, perpaduan buah dan sayuran juga bisa dijadikan dalam bentuk jus.

  • Susu

Susu mampu memperlambat penyerapan alkohol ke dalam tubuh. Mengonsumsi susu dapat menjaga stabilitas tubuh setelah minum alkohol sehingga pengaruh alkohol tidak menyebabkan sel syaraf dalam otak terpengaruh.

  • Ginseng

Mengonsumsi gingseng yang kaya akan antioksidan mampu meminimalkan dampak buruk akibat mabuk alkohol.

  • Milk thistle

Tanaman ini sudah dibuat dalam banyak bentuk suplemen dan dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit selain mabuk, seperti mulas atau masalah kantung empedu. Tanaman ini memang dikenal karena kemampuannya mengurangi racun dalam tubuh. Kekuatannya sebagai antioksidan berasal dari bahan silymarin yang ditemukan dalam milk thistle.

  • Obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri juga bisa dikonsumsi untuk mengurangi dampak buruk mabuk alkohol, seperti sakit kepala. Gunakan dosis standar dari obat yang dapat dibeli bebas. Jika ingin mengonsumsi dosis lebih tinggi, maka konsultasikan dahulu dengan dokter sebab dosis tinggi obat semacam ini dapat menyebabkan kerusakan hati.

  • Tidur

Meskipun alkohol dapat membuat seseorang terjaga sepanjang malam, namun tidur bisa mengurangi rasa sakit akibat mengonsumsi alkohol. Jika Anda tidak tidur cukup lama, maka kembalilah tidur. Mabuk setelah konsumsi minuman keras biasanya hilang setelah tidur. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here