Cara Mengatasi Anak yang Sulit Tidur Siang

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidur siang merupakan salah satu aktivitas yang bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Akan tetapi pada kenyataannya anak kecil terkadang sulit untuk tidur di siang hari. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab seperti anak merasa lapar, mimpi buruk, kelelahan, anak belum merasa ngantuk, dalam fase pertumbangan dan perkembangan yang utama dan lain sebagainya.

Menurut dr Wiliam Sears seorang dokter anak dan penulis buku kesehatan di Amerika menyatakan bahwa tidur siang harus menjadi suatu hal yang menyenangkan di sela kesibukan aktivitas sang anak, jadi anda tidak perlu memaksanya untuk tidur. Berikut ini beberapa tips yang dapat bunda lakukan untuk mengatasi anak yang susah tidur siang, diantaranya sebagai berikut:

  1. Buat jadwal tidur siang

Orangtua harus rajin memperhatikan segala sesuatunya untuk anak. Contohnya apabila anak mengalami kesulitan untuk tidur siang maka buatlah jadwal tidur siang untuk anak, diskusikan hal tersebut kepada anak dengan membuat kesepakatan bersama dan jelaskan kepada anak menggunakan bahasa yang baik dan benar agar anak dapat memahaminya. Selain itu hal ini dibuat bertujuan agar anak tidak merasa di paksa.

  1. Biasakan anak bangu pagi

Biasakan anak untuk hidup disiplin dengan membiasakan anak untuk bangun pagi. Hal ini bertujuan agar anak merasa ngantuk di siang hari karena bangun lebih awal dan memiliki waktu yang panjang untuk bermain dengan melakukan berbagai macam eksplorasi.

  1. Berikan perhatian sebelum tidur

Bujuklah anak untuk tidur siang dengan cara persuasif dimana anda dapat mengajak anak bermain di kamar tidur sambil membacakan buku ceruta atau sekedar rebahan di atas kasur. Hal ini dapat merangsang rasa ngantuk pada anak dan dapat dijadikan sebagai pengantar anak untuk memulai persiapan tidur siangnya.

  1. Berikan wantu yang tenang untuk anak

Apabila anda merasa kesulitan untuk membujuk si kecil tidur di siang hari maka ajaklah anak untuk bermain diatas tempat tidur, berikan suatu sana tenang pada anak dengan cara mematikan lampu, mematikan televisi atau radio. Buatlan suana kamar menjadi sunyi dan tenang agar memicu timbulnya rasa ngantuk pada anak. Minimalisirkan suara atau bunyi-bunyian di dalam kamar karena dapat membuat anak terkejut.

  1. Berkegiatan sebelum tidur

Buatlah agenda kegiatan yang menyenangkan untuk anak sebelum anak tidur di siang hari. seperti bermain boneka atau robot, mewarnai, dan membacakan dongen untuknya.

  1. Cari jam tidur yang tepat

Mencari jadwal tidur siang merupakan hal yang penting hal ini dikarenakan apabila anak tidur siang terlalu sore maka akan menimbulkan gangguan tidur di malam hari. Contohnya memilih jadwal tidur siang sekitar jam 1 atau setelah sholat dzuhur.

  1. Latih anak untuk di siplin

Memberikan pemahaman pada anak untuk selalu tidur siang setiap harinya. Hal ini akan membentuk suatu kebiasaan dan menjadikan anak untuk di siplin melakukan tidur siang. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here