Cara Mengatasi Bungkuk pada Anak Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ada beberapa faktor atau kebiasaan yang bisa menyebabkan bungkuk di usia muda. Seperti terlalu banyak duduk di depan komputer terlalu lama atau duduk namun tangan atau kepalanya di letakkan di meja.

Salah satu faktor tersebut memang sering sekali dilakukan oleh anak usia muda dan dijadikan kebiasaan tanpa memikirkan akibatnya. Tulang belakang yang melengkung juga akan mempengaruhi postur tubuh dan juga akan berpengaruh pada kualitas berjalan anda. Berikut cara mengatasi bungkuk pada anak remaja:

  1. Latihan kabel

Seated cable row adalah salah satu latihan peregangan yang baik untuk mencegah bungkuk. Tempatkan kaki Anda pada footpads dan tekuk lutut sedikit. Pegang tali dengan kedua tangan dan kemudian tarik ke arah dagu. Jagalah agar siku tetap tinggi dan menempatkan lengan atas sejajar dengan lantai. Anda harus duduk dalam posisi lurus saat melakukan latihan ini.

  1. Peregangan

Pastikan tulang belakang anda, tangan kemudian kepala sudah dalam posisi tegak lurus. Setelah itu, bungkukan kepala anda ke bawah sampai sejauh yang anda bisa dengan pelan-pelan. Dengan gerakan seperti ini anda akan merasakan peregangan pada bagian-bagian tersebut. Untuk lebih baiknya lakukan cara mengatasi bungkuk di usia muda ini sekitar 2 sampai 3 sehari dalam seminggu. Setelah itu, anda harus benar-benar memastikan tulang belakang selalu di posisi tegak lurus.

  1. Postur

Kita seringkali menekuk punggung atas, termasuk bahu, untuk menghindari rasa nyeri di bagian punggung bawah. Namun, postur tubuh Anda akan mempengaruhi tulang belakang. Ketika Anda merasakan nyeri di bagian punggung bawah, pastikan Anda tetap duduk, berdiri atau tidur dalam posisi lurus.

  1. Berbaring lurus

Caranya dengan menempatkan tangan anda di sisi tubuh dan kemudian angkat sedikit. Setelah itu, tekan otot pantat dan naikkan bagian dada sejauh yang anda bisa dengan perlahan. Tahan latihan ini selama beberapa detik, setelah itu rileks dan ulangi latihan ini 8 sampai 10 kali.

  1. Perkuat otot-otot leher

Tekan telapak tangan anda ke bagian dahi, setelah itu dorong kepala anda ke belakang secara perlahan. Gunakan dan manfaatkan otot-otot leher sebagai penahan gerakan tersebut dan lakukan cara mengatasi bungkuk di usia muda dengan gerakan ini selama 5 sampai 6 detik. Rilekskan tubuh anda dan ulangi gerakan ini sebanyak 3 sampai 4 kali. Dan lakukan gerakan tersebut sekali dalam sehari untuk mengatasi bungkuk atau kyphosis anda.

  1. Hindari sit-up berlebih

Latihan binaraga yang berlebihan dapat menyebabkan bungkuk. Sebaiknya, kurangi latihan sit-up karena dapat melebarkan tulang belakang. Hal ini bisa menyebabkan kelemahan refleksif otot-otot di tulang belakang.

Beberapa langkah penanganan yang umumnya dilakukan dokter untuk mengobati bungkuk adalah:

  • Pemberian obat-obatan,seperti obat pereda rasa nyeri atau obat osteoporosis (obat penguat tulang).
  • Penyangga punggung,pasien kyphosis remaja biasanya perlu mengenakan penyangga punggung.
  • Latihan fisik,bisa menguatkan otot, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan fleksibilitas tulang punggung dan meredakan nyeri punggung.

Pembedahan. Tindakan pembedahan umumnya diperlukan untuk memperbaiki tampilan punggung dan membantu meredakan rasa nyeri tapi risiko komplikasi operasi sangat besar. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here