Cara Mengatasi Gangguan Somatoform atau Penyakit Psikis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mengobati penyakit yang menyerang psikis seseorang memang tak semudah penyakit yang menyerang fisik yaitu dengan minum obat perlahan sudah sembuh. Karena penyakit psikis sendiri memang dari awal susah dideteksi gejalannya yang sering berubah-ubah oleh karena itu sulit juga untuk di diagnosa dan diberi penanganan.

Saat anda mengalami penyakit psikis contohnya gangguan somatoform, hal yang harus anda lakukan yaitu pergi ke psikolog. Karena psikolog adalah ahli kejiwaan yang memang khusus untuk menagani gangguan psikis. Untuk gangguan somatoform, ahli psikolog akan mengatasinya dengan beberapa terapi, berikut terapi yang dilakukan untuk menangani gangguan somatoform yang anda alami:

  1. Terapi Kognitif

Penderita gangguan somatoform biasanya penderita akan mengalami kecemasan dan ketakutan yang berlebihan. Saat kecemasan tersebut muncul, terapi yang dapat anda gunakan untuk mengatasi kecemasan yaitu terapi kognitif. Dengan terapi kognitif kecemasan dan ketakutan yang berlebihan akan berkurang.

  1. Terapi atau dukungan keluarga

Dukungan keluarga juga dibutuhkan saat seseorang menderita gangguan somatoform. Dukungan keluarga dibutuhkan untuk mengatasi gangguan somatoform karena saat gangguan somatoform muncul, penderita bisa saja merasa lemah dan bergantung dengan orang lain, serta menghindari tanggung jawab. Oleh karena itu peran keluarga dibutuhkan agar tetap menjaga hubungannya dengan penderita dan menguatkan penderita bahwa ia bisa menjadi orang yang kuat dan mandiri.

  1. Gunakan manajemen stress

Anda juga bisa mengatasi gangguan somatoform dengan manajemen stress seperti teknik relaksasi napas dalam, dan teknik distraksi seperti mengalihkan fokus penderita gangguan somatoform dari keluhan yang ia rasakan.

  1. Terapi kognitif-behavioral

Terapi ini digunakan untuk mengatasi gangguan somatoform khususnya hipokondriasis. Terapi ini akan membantu mengurangi keluhan hipokondriasis dengan merestrukturisasi pemikiran pesimis pada penderita hipokondriasis. Anda juga bisa mengarahkan perhatian mereka ke simtom-simtom fisik dan menjauhkan pasien untuk mencari kepastian medis bahwa ia tidak sakit.

  1. Terapi untuk rasa nyeri

Salah satu jenis gangguan somatoform adalah gangguan nyeri. Saat gangguan nyeri tersebut muncul, anda bisa mengatasinya dengan melakukan validasi bahwa rasa nyeri yang dirasakan adalah nyata dan tidak hanya dalam pikiran pasien, selanjutnya berikan pelatihan relaksasi, anda juga bisa memberi penghargaan pada pasien jika ia berhasil berperilaku yang tidak sejalan dengan rasa nyeri.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi gangguan somatoform yang bisa digunakan, semoga ada yang cocok dengan gangguan somatoform yang anda alami dan anda cepat sembuh dari gangguan somatoform. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here