Cara Mengatasi Gejala Man Boobs

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gejala man boobs atau dalam istilah medis disebut sebagai gynaecomastia, merupakan bentuk anomali kinerja hormon pada tubuh pria sehingga menyebabkan dada terlalu membusung layaknya payudara pada wanita.

Menurut studi terkait yang dimuat di Cleveland Clinical Journal of Medicine, gejala man boobs disebabkan oleh tidak seimbangnya rasio perpindahan hormon oestrogen ke testosteron yang berujung pada lemahnya pembakaran lemak di area dada. Man boobs banyak diisi oleh lemak yang menutupi lapisan otot dada.

Bagaimana cara mengatasi man boobs? Banyak pakar kesehatan kini menganjurkan penderita gejala man boobs untuk menyembuhkan diri melalui olahraga atau aktivitas latihan kebugaran yang mendorong pertumbuhan massa otot.

Beberapa kasus ginekomastia pada pria dipicu oleh berat badan berlebih. Dalam kondisi tersebut, olahraga merupakan jalan keluar paling optimal untuk menyingkirkannya.

Jika tidak terbiasa berolah raga, pria dapat mulai membiasakan diri dengan melakukan olahraga ringan terlebih dahulu seperti berenang. Setelah terbiasa, rutinitas olahraga bisa ditingkatkan dengan jenis olahraga yang menyasar bagian tubuh atas.

Ketika kekuatan sudah terbentuk, latihan beban bisa mulai dilakukan. Latihan beban dapat membantu pria membentuk otot sekaligus membuang lemak penyebab man boobs.

Di samping itu, sejumlah latihan tertentu patut dicoba antara lain deadlifts, squats dan pull-ups. Ketiga jenis latihan kebugaran tersebut banyak menggantungkan sumber kekuatan kaki dan punggung, di mana secara teori kebugaran, mendorong terjadinya pembakaran lemak menjadi tenaga dari tubuh bagian atas. Dalam hal ini, bagian tubuh atas dengan simpanan lemak tinggi, seperti dada, akan menjadi prioritas proses pembakaran oleh tubuh.

Selain latihan atau olahraga tertentu, man boobs juga bisa diatasi dengan sejumlah cara lainnya, seperti:

  • Pengaturan pola makan

Sebagian besar payudara terdiri atas lipid (lemak). Karena itu, pria dengan ginekomastia juga disarankan untuk menghindari makanan-makanan berlemak. Makanan-makanan berlemak ini bisa diganti dengan opsi yang lebih sehat seperti ikan maupun daging rendah lemak. Konsumsi sayur dan buah yang beragam serta karbohidrat kompleks seperti oatmeal juga dapat membantu pria mengatasi ginekomastia akibat lemak yang menumpuk di dada.

  • Sedot lemak

Liposuction atau sedot lemak merupakan opsi yang lebih ekstrim. Meski begitu, opsi ini patut dipertimbangkan jika berbagai diet dan olahraga yang dijalani tak juga memberi hasil. Melalui prosedur sedot lemak, lemak-lemak yang tak diinginkan pada bagian dada pria dapat dibuang keluar. Prosedur sedot lemak juga dinilai lebih sederhana dan tidak menyakitkan jika dibandingkan dengan upaya operasi.

  • Masektomi

Masektomi atau operasi pengangkatan payudara merupakan pilihan terakhir dalam mengatasi man boobs. Opsi ini patut dipertimbangkan jika pria sudah mengalami ginekomastia dalam waktu lama, tak ada terapi yang memberikan hasil dan keberadaan ginekomastia memberikan kesulitan serta rasa nyeri. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here