Cara Mengatasi Insomnia pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memang benar adanya jika insomnia bisa menyerang siapa saja tak peduli tua muda, pria atau wanita hampir semuanya pasti pernah mengalami insomnia. Kebutuhan tidur masing-masing individu itu relatif, karena berbeda individu berbeda juga aktifitasnya. Begitu juga dengan remaja, namun rata-rata tidur remaja adalah 8 sampai 10 jam sehari.

Jika masalah gangguan tidur atau Insomnia mulai menyerang diri anda, berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gangguan tidur:

  1. Buat kondisi kamar senyaman mungkin

Kondisi kamar yang nyaman dapat membuat seseorang lebih nyaman dan lelap saat tidur. Untuk membuat kamar terasa nyaman, anda bisa merapikan tempat tidur, memberi parfum dan mendesain ruangan serapi mungkin.

  1. Jauhkan gadget dari jangkauan anda.

Jika anda sering bermain gadget sebelum tidur, maka rasa kantuk anda justru akan hilang. Selain itu, meletakkan gadget di dekat anda saat tidur dapat membuat anda terpapar sinar radiasi, sehingga akan membuat anda susah tidur. Menjauhkan gadget atau mematikannya sebelum tidur adalah solusi terbaik untuk mengatasi insomnia yang selama ini menghantui anda.

  1. Jauhkan jam dari pandangan

Selain menjauhkan aatau mematikan gadget, anda juga harus menjauhkan jam dari pandangan anda saat ingin tertidur. Karena melihat jam yang berjalan dari detik ke detik menit ke menit ketika hendak tidur akan membuat mata anda tidak berkonsentrasi dan terus menerus memikirkan waktu tersebut.

  1. Posisikan tubuh senyaman mungkin

Posisi tidur yang tidak nyaman bisa membuat seseorang terbangun atau malah kesulitan untuk tidur sama sekali. Beberapa bagian tubuh yang harus diposisikan senyaman mungkin adalah leher kepala dan juga tangan anda. Jika leher tidak nyaman justru malah bisa membuat leher anda pegal begitu juga jika tangan anda tertindih oleh bagian tubuh yang lain akan mengakibatkan kesemutan sehingga anda bisa terbangun. Posisi tidur terbaik adalah dengan cara memiringkan tubuh kearah kanan.

  1. Hindari minuman berkafein

Mengkonsumsi minuman yang berkafein akan membuat  anda tetap terjaga, karena kandungan kafein dapat membuat jantung anda berdetak lebih cepat. Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan cokelat dapat membuat anda ingin kencing di malam hari sehingga hal ini akan mengganggu siklus tidur anda. Ada baiknya jika mengkonsumsi minuman berkafein adalah delapan jam sebelum tidur.

  1. Hindari Merokok

Rokok mengandung zat nikotin yang merupakan salah satu stimulan yang akan menjadikan anda mengalami insomnia. Selain dapat mengalami insomnia Anda juga bisa terkena berbagai gangguan kesehatan lainnya akibat dari banyaknya zat adiktif yang terkandung di dalam rokok.

  1. Melakukan Olahraga secara teratur

Bagi anda yang mengalami insomnia, rajin olahraga bisa menjadi salah satu solusinya. Karena dengan olahraha yang teratur akan membuat tubuh Anda menjadi sehat dan lebih rileks. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan melakukan olahraga secara teratur membuat eseorang bisa mengatasi insomnia. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here