Cara Mengatasi Insomnia

SehatFresh.com – Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun dan sering juga disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau permasalahan psikologis. Gangguan ini bisa juga muncul karena adanya pola tidur yang tidak teratur sehingga sistem kerja pada otak berubah.

Umumnya, gangguan ini banyak dialami oleh orang dewasa, 10% dari penderita isomnia mengatasi gangguan tidurnya dengan mengkonsumsi obat tidur. Tapi cara ini bukan cara terbaik untuk sembuh dari gangguan insomnia. Pengguanaan obat akan memberikan efek ketergantungan pada obat tidur bahkan dapat menimbulkan penyakit lain seperti ginjal.

Maka insomnia harus segara mungkin disembuhkan, beberapa cara menyembuhkan insomnia antara lain :

  • Mengurangi konsumsi yang bersifat stimulan

Mengurangi konsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat Anda tetap terjaga seperti teh, kopi, alcohol, dan rokok.

  • Konsumsilah makanan yang mengandung potasium dan magnesium tinggi

Makanlah makanan seperti pisang dan kacang . Buah pisang mempunyai kandungan triptofan yang bisa membuat Anda lebih cepat tidur dan tidur nyenyak karena hormon otak Anda lebih tenang. Sedangkan dalam kacang, terdapat zat triptofan. Jika zat ini mengalir dalam aliran darah ditubuh, akan menghasilkan hormon melatonin yang bisa membuat merasa kantuk.

  • Hindari bergadang dan tidurlah secara teratur

Terlalu sering tidur larut malam (bergadang) dan jadwal tidur yang tidak teratur bisa membuat Anda kesulitan untuk tidur di malam hari. Hindari juga tidur siang bila Anda ingin mendapatkan durasi tidur yang lebih lama di malam hari.

  • Terapi musik menggunakan brainwave

Terapi ini merupakan cara keempat yang bisa Anda praktikkan. Brainwave atau sering dikenal dengan musik beta gelombang otak bisa membantu Anda untuk merasa rileks sehingga akan mudah untuk tidur karena brainwave merupakan alunan musik yang dibuat khusus agar otak kita dalam kondisi alpha dan theta yang membuat kita merasa rileks.  Anda dapat mendownload versi gratis dari musik-musik brainwave ini dari internet atau membeli brainwave yang premium secara online.

  • Lakukan meditasi dan latihan pernafasan.

Meditasi merupakan salah satu cara yang ampuh untuk relaksasi dan sudah dikenal sejak dulu. Meditasi merupakan latihan untuk melupakan semua permasalahan hidup, sehingga dalam pikiran Anda hanya berfokus pada satu titik, dengan begitu Anda akan mempunyai pikiran yang jernih sehingga anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

  • Kontrol cahaya diruangan tidur

Cahaya yang terlalu terang dipercaya bisa membuat mata tetap terjaga. Sebaiknya, gunakan lampu tidur dengan tingkat cahaya yang lebih redup, hal tersebut akan memacu anda untuk segera tidur.

Dari berbagai macam cara agar sembuh dari penyakit ini, yang harus diperlukan ialah dukungan dari keluarga dan niat dari Anda. Jangan lupa berdoa sebelum tidur serta berdoa agar dapat sembuh dari penyakit ini.

Sumber gambar : barbarman.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY