Cara Mengatasi Kebiasaan Merokok pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pria memang identik dengan benda silinder yang didalamnya terdapat tembakau ini. Namun apakah sebenarnya pria memang tidak bisa jauh dari benda satu ini? jawabannya adalah bisa. Karena pria pada awal dilahirkan pun tidak langsung menyukai rokok. Umumnya awal pria merokok adalah karena penasaran dan juga karena pergaulan. Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan? Lalu apalagi yang ditunggu untuk berhenti merokok?

Memang kegiatan yang sudah menjadi suatu kebiasaan lama akan sulit untuk dihilangkan dengan cepat, semua butuh waktu untuk menghilangkannya, termasuk pada pria yang merokok yang ingin berhenti merokok. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

  • Niatkan diri Anda. Niat adalah bagian penting dalam berkegiatan, termasuk dalam mengatasi kebiasaan merokok, yakinkan diri Anda dengan niat yang kuat dan konsisten bahwa Anda ingin berhenti merokok.
  • Perlahan tapi pasti. Memang tidak ada satu hal pun yang dapat dilakukan secara instan semuanya dilakukan secara perlahan, seperti mulai dari mengurangi jumlah merokok setiap harinya dari awalnya 1 bungkus perhari enjadi ½ bungkus dan terus berkurang sampai akhirnya berhenti merokok.
  • Beritahu teman dan keluarga. Beritahu mereka mengenai keinginan Anda, karena teman dan keluarga bisa menjadi pengawas paling ampuh, jika Anda ketahuan ingin merokok maka teman dan keluarga Anda akan senantiasa mengingatkan Anda bahwa Anda sedang melakukan aksi berhenti merokok.
  • Mengganti rokok dengan hal lain. Kebanyakan pria merokok saat stress, sehabis makan, begadang, ataupun berdebat. Jika Anda ada pada keadaan itu terus menerus dan tidak bisa dihindari maka sebaiknya Anda mengganti rokok Anda dengan sesuatu yang lain seperti buah, coklat, atau permen.
  • Banyak konsumsi air putih. Selain berguna untuk menhidrasi tubuh dengan baik air putih juga bisa membuat seseorang mengatasi kebiasaan dalam merokok.
  • Jangan biarkan diri Anda berkesempatan untuk merokok. Anda bisa memulainya dengan melakukan banyak kesibukan seperti banyak bekerja, berolahraga atau hal-hal lainnya yang dapat mengalihkan pikiran Anda dari merokok.
  • Banyak istirahat. Salah satu saat yang tepat untuk merokok adalah saat begadang, maka dari itu sebaiknya Anda banyak istirahat atau tidur cukup agar kesempatan untuk merokok menjadi lebih sempit.
  • Berfikir positif. Berfikir positif perlu dilakukan dan jangan menganggap bahwa aksi Anda ini sebagai beban, lakukanlah karena ini adalah salah satu langkah positif untuk menjadi lebih sehat lagi.(RNJ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY