Cara Mengatasi Ketombe

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Paparan sinar matahari dalam waktu yang lama selain dapat membuat rambut kering juga dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Hal tersebut dikarenakan kulit kepala yan kering dan mengelupas kemudian menumpuk di rambut. Perlu anda ketahui bahwa ketombe merupakan lapisan sel kulit mati yang mengelupas dan bukanlah kotoran dari polusi udara. Selain paparan sinar matahari, beberapa penyebab timbulnya ketombe yakni penggunaan shampo yang berlebihan, jamur, sebum atau minyak alami rambut, penyakit tertentu, dan masih banyak lainnya.

Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya perhatian terhadap rambut. Berawal dari hal kecil, membersihkan rambut secara rutin itu sangat penting untuk kesehatan rambut. Pemberian nutrisi yang tepat juga membantu menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Untuk pribadi yang memiliki aktivitas padat, kerap terpapar sinar matahari yang terik sehingga dapat terserang ketombe karena kulit kepala Anda berkeringat.

Begitu juga jika orang yang mengenakan penutup kepala (hijab) bisa terserang ketombe jika tidak benar-benar memperhatikan kesehatan rambut. Kulit kepala yang kotor, lembab, berkeringat menjadi pemicu awal terbentuknya ketombe. Namun, tak perlu khawatir karena ada beberapa tips ampuh mengatasi ketombe.

Ingin ketombe anda hilang, yuk simak beberapa cara mengatasi ketombe:

  • Daging Lidah Buaya

Lidah buaya (aloevera) ini bersifat mendinginkan serta menyehatkan kulit kepala. Cara penggunaannya dengan menghaluskan daging lidah buaya secukupnya, setelah itu oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama 15 menit dan langkah terakhir yakni membersihkan rambut dengan keramas seperti biasa.

  • Jeruk Nipis dan Santan

Kedua campuran bahan alami ini ternyata cukup efektif untuk menghilangkan ketombe. Cara penggunaanya yakni dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dan santan segar, masing-masing dengan takaran 100 ml. Setelah tercampur rata kemudian oleskan pada kulit kepala secara merata sambil lakukan pemijatan secara perlahan. Setelah itu diamkan dulu selama 30 menit barulah bersihkan dengan keramas seperti biasa.

  • Garam

Cara menghilangkan ketombe dengan garam yakni dengan membasahi rambut serta kulit kepala terlebih dahulu kemudian taburkan garam secukupnya keseluruh kulit kepala. Kemudian meggosok-gosokan garam tersebut dengan perlahan. Langkah trakhir yakni bilas menggunakan shampo sampai bersih.

  • Daun Neem

Daun Neem adalah salah satu jenis daun untuk bumbu khas India. Sama seperti penggunaan Baking Soda dan cuka, gunakan ampas daun  neem ini untuk keramas, bilas bersih. Melakukan secara rutin perlu dilakukan jika ingin hasil yang maksimal.

  • Sinar Matahari

Cara menghilangkan ketombe dengan mudah selanjutnya yakni memanfaatkan cahaya matahari. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, cahaya matahari dapat mengurangi kelembaban rambut dan kulit kepala. Penyebab utama ketombe ialah karena lembabnya kulit kepala. Dengan begitu, sinar matahari mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Berjemurlah di bawah sinar matahari pagi sekitar pukul 9, dalam kurun waktu 15 hingga 20 menit.

  • Baking Soda

Bahan penghilang ketombe yang kedua yakni Baking Soda. Baking Soda bukannya bahan untuk masak? Ya memang betul, tetapi Baking Soda juga ampuh menghilangkan ketombe. Caranya, campurkan satu sendok makan Baking Soda dengan setengah gelas air, gunakan untuk keramas. Rambut menjadi ringan karena ia menghilangkan kulit mati penyebab ketombe.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY