Cara Mengatasi Komentar Buruk di Sosial Media

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kemajuan teknologi yang canggih memudahkan segala akses kehidupan salah satunya menghilangkan kejenuhan dengan bermain sosial media. Memiliki sosial media dapat membuat kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja meski jaraknya jauh dan kita tidak mengenalnya.

Bermain dan memiliki sosial media memiliki manfaat yang baik untuk kehidupan seperti dapat dijadikan sebagai salah satu untuk berjualan online, berkomunikasi jarak jauh, mencari teman dan lain-lain. Akan tetapi bermain sosial media tidak menutup kemungkinan kita pada dampak buruknya salah satunya menerima hate comment.

Hate comment atau komentar buruk sering terjadi di sosial media yang terkadang membuat seseorang merasa sakit hati. Dalam kondisi yang lebih parah hal tersebut terjadi secara berulang-ulang sehingga menimbulkan stres dan depresi pada seseorang yang mengalaminya. Hate comment yang sering terjadi misalnya body shamming, kritikan tentang kehidupan kita, dan lain-lain.

Hal tersebut tentu dapat berpengaruh kepada kesehatan psikologi korbannya sehingga perlu dilakukan antisipasi dan mencegahan. Berikut ini beberapa tips untuk menghadapi atau mengantisipasi terjadinya hate comment atau komentar buruk di sosial media, antara lain :

  1. Jangan ditanggapi

Ketika ada seseorang yang berkomentar buruk di sosial media kita maka sebaiknya anda tidak perlu menanggapi komentar tersebut. Seorang yang melakukan komentar buruk biasanya tidak pernah pandang bulu dalam memberikan komentar baik pada postingan tulisan maupun foto.

  1. Nonaktifkan tombol komentar

Bermain sosial media adalah hak setiap orang untuk mengekspresikan dirinya dan setiap orang bebas berkomentar dalam batas-batas tertentu. Akan tetapi seringkali ada beberapa orang yang melakukan komentar buruk, sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut anda dapat menonaktifkan tombol komentar pada sosial media anda. Hal tersebut juga dapat mencegah perasaan sedih dan agar anda tidak terpengaruh.

  1. Laporkan jika komentar itu jahat

Apabila anda rasa komentar yang ada pada sosial media anda sudah tergolong parah maka tidak ada salahnya jika anda melaporkan hal tersebut kepada pihak yang berwajib. Hal tersebut sudah termasuk ke dalam undang-undang ITE. Berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan :

  • Menyalin barang bukti dengan screenshot atau foto
  • Jangan terlibat apabila anda bukan korban utama atau tidak ada kaitan didalamnya
  • Usahakan agar anda tidak terpancing untuk melakukan kembali komentar buruk
  • Bercerita kepada orang terdekat

Apabila anda mendapatkan perlakuan buruk atau komentar buruk dari orang lain dan anda merasa stres atau terbawa fikiran maka tidak ada salahnya jika anda meminta bantuan kepada teman untuk menemani dan menjadi tempat untuk anda cerita.

  1. Menonaktifkan sementara akun sosial media

Jangan biarkan komentar buruk mempengaruhi kehidupan anda. apabila anda merasa terbebani tidak ada salahnya jika anda menonaktifkan atau menghapus sementara akun sosial media mu agar anda dapat berhenti sejenak dan menenangkan diri dari komentar buruk yang anda dapatkan.

  1. Jadikan motivasi

Jika ada seseorang yang berkata buruk terhadap anda sekalipun itu di kolom komentar sosial media tidak ada salahnya jika anda menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk hidup lebih baik. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here