Cara Mengatasi Kurap Dengan Bahan Alami

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kurap diketahui sebagai salah satu penyakit atau gangguan kesehatan pada kulit yang memang cukup mengganggu. Penyakit ini dapat disebabkan oleh bakteri atau jamur, kurap dapat muncul di bagian kaki, selangkangan, kuku, kepala dan kulit tubuh bagian atas lainnya. Istilah lain dari kurap adalah ‘tinea,’ gangguan kulit ini merupakan penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja, namun lebih sering dialami oleh anak-anak.

Kurap bukan termasuk dalam penyakit kulit berbahaya, namun harus tetap hati-hati karena bisa menular. Penyebarannya bisa melalui kontak langsung dengan kulit penderita. penggunaan bersama barang pribadi dengan si penderita kurap juga akan menimbulkan penularan kurap. Berbagi pakai atau barang-barang seperti pakaian, sikat gigi, dan handuk perlu dihindari di sini.

Lantas bagaimana cara mengatasi kurap dengan bahan alami? Di bawah ini adalah serangkaian cara mengobati kurap dengan bahan-bahan alami yang layak untuk dicoba.

  1. Minyak Kelapa

Kurap akan ditangani secara mudah dan efektif dengan menggunakan minyak kelapa, karena terdapat asam laurat di dalamnya. Segala macam jamur dan bakteri yang menginfeksi kulit akan dibasmi oleh asam tersebut. Di dalam minyak kelapa juga terdapat sifat antivirus sehingga jamur yang merugikan akan terbunuh.

Caranya: Cukup dengan menyediakan minyak kelapa, oles ke area yang terkena kurap, berikan pijatan lembut. Pijatan dapat diberikan selama beberapa menit, lalu diamkan. Lakukan cara ini minimal 2 kali dalam sehari selama beberapa hari untu mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Pepaya Mentah

bahan alami selanjutnya adalah pepaya mentah, yang masih hijau. Di dalamnya terkandung enzim yang luar biasa, khususnya chymopapain dan papain yang berfungsi sebagai perisai atau pelindung dari bakteri serta jamur-jamur yang berada di area kulit. Diketahui Jenis-jenis jamur akan kalah dari kedahsyatan fungsi enzim tersebut. Tak hanya kurap, luka bakar serta peradangan juga bisa disembuhkan dengan menggunakan enzim yang terkandung di dalam pepaya mentah ini.

Caranya: sediakan pepaya mentah lalu potong kecil-kecil atau bisa juga dijadikan pasta untuk di oleskan ke bagian kulit yang mengalami kurap. Kemudian diamkan kurang lebih 20menit lalu cuci dengan air bersih. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari untuk mendapatkan efek kesembuhan yang luar biasa.

  1. Serai

Pengobatan kurap secara alami lainnya adalah dengan menggunakan daun serai di mana di dalamnya ada kandungan antibakteri serta antiseptik. Ramuan dari daun serai ini sudah sangat terpercaya, bahkan banyak digunakan oleh orang-orang di negara China, Sri Lanka, Brasil, dan India.

Caranya: Siapkan daun serai dan mentega susu, kemudian hancurkan daun serai. Campurkan serai dan Mentega susu atau buttermilk untuk dibentuk pasta. Lalu oleskan pasta dari bahan alami tersebut ke daerah kulit yang sedang mengalami kurap, diamkan sekitar 20-30 menit kemudian cuci dengan air bersih.

  1. Bawang Putih

Efek samping bawang putih terhadap kesehatan sudah terbukti cukup banyak yang tahu. Namun bisa dipastikan bahwa bawang putih tetap aman dikonsumsi jika digunakan dengan benar. Untuk mengatasi kurap, bawang putih sangat dapat diandalkan karena memiliki kandungan anti bakteri dan jamur.

Caranya: siapkan 1-2 siung bawang putih berikut madu 3 sendok makan, lalu juga minyak zaitun 3 sendok makan. Hancurkan bawang putih terlebih dahulu, setelah itu bisa ditambah dengan minyak zaitun dan madu. Pasta bawang putih kemudian dapat diaplikasikan ke area kulit yang sedang mengalami kurap, lalu biarkan saja selama 1 jam. Setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini minimal 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan efek penyembuhan yang maksimal. (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY