Cara Mengatasi Lecet Pada Kaki Akibat Penggunaan Sepatu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menurut ahli kesehatan menyatakan bahwa sebaiknya menggunakan sepatu harus dalam keadaan yang pas. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil serta disesuaikan dengan aktivitas yang akan kita lakukan. Selain itu ahli kesehatan juga menyarankan sebaiknya membeli sepatu dilakukan pada sore hari, hal tersebut dikarenakan ukuran kaki akan lebih besar di sore hari.

Hal ini penting dilakukan untuk menghindari penggunaan sepatu yang tidak tepat karena penggunaan sepatu yang tidak tepat dan pas akan mengakibatkan lecet serta beberapa masalah pada kaki. Apabila anda sudah terlanjur mengalami lecet pada kaki akibat penggunaan sepatu. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasinya, antara lain :

  1. Menggunakan lips balm

Para ahli menyarankan gunakan lip balm apabila anda mengalami lecet pada kaki. Tujuan dari penggunaan lip balm yaitu mengurangi gesekan yang mengakibatkan kondisi lecet semakin parah. Sebaiknya gunakan lip balm yang terbuat dari bahan alami serta tidak mengandung zat pewarna. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit.

  1. Kasa steril

Jika anda mengalami lecet pada kaki akibat sepatu, gunakan kasa steril yang dipakai dibagian luka lecet dan berfungsi untuk mengurangi gesekan.

  1. Redam air hangat

Siapkan air hangat dan campurkan 5 sendok makan garam dapur, kemudian rendam kaki anda di dalam campuran air tersebut selama 15 menit. Setelah selesai keringkan kaki menggunakan lap atau tissue dan kemudian gunakan cairan anti bakteri atau alkohol untuk di semprotkan pada kaki.

  1. Lidah buaya

Apabila kondisi kaki lecet anda mengalami pembengkakan, anda dapat menggunakan lidah buaya untuk mengatasinya. Lidah buaya memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat mengurangi bengkak. Selain itu lidah buaya dapat memberikan rasa dingin yang dapat mengurangi rasa sakit.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat mengatasi bengkak pada kaki yang disebabkan oleh gesekan sepatu. Cara menggunakannya yaitu anda cukup memijat kaki secara halus menggunakan minyak zaitun.

  1. Kunyit

Cara pemakaian kunyit untuk mengatasi lecet pada kaki yaitu dengan menempelkan parutan kunyit, kemudian diamkan beberapa menit dan setelah itu bilas menggunakan air. Kunyit berfungsi untu mengatasi pembengkakan yang ditimbulkan oleh gesekan sepatu.

  1. Es batu

Rasa dingin yang diperoleh dari es batu berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan melancarkan penyumbatan aliran darah sehingga dapat mengatasi bengkak pada kaki. Penggunaannya juga cukup mudah yaitu dengan cara menggosokan es batu yang dibungkus dengan kain bersih pada bagian kaki yang lecet.

  1. Pasta gigi

Kandungan menthol dan baking soda di dalam pasta gigi dapat mengatasi rasa sakit dan bengkak pada kaki yang lecet.

  1. Madu

Madu merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu kandungan anti bakteri dan anti inflamasi dalam madu dapat mengatasi peradangan yang terjadi pada kaki lecet anda.

  1. Tepung beras

Tepung beras merupakan bahan alami yang dapat digunakan sebagai anti inflamasi untu mengatasi luka lecet pada kaki anda.

  1. Aspirin

Aspirin merupakan salah satu jenis obat yang sering digunakan untuk mengatasi lecet. Selain itu obat tersebut dapat digunakan untuk mengatasi kondisi kaki yang lecet yang disebabkan oleh gesekan sepatu. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here