Cara Mengatasi Masalah Ketombe pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi seorang wanita rambut bagaikan mahkota yang sangat menunjang penampilan mereka. Jika sesekali salah model dalam memotong rambut dan tidak sesuai dengan keinginan hati maka rasa untuk tampil di depan umum atau keluar rumah akan merasa malu.Tak hanya pada wanita. Pria pun menganggap bahwa rambut mampu menunjang penampilan mereka lebih indah serta fashionable.

Dalam merawat rambut seringkali ditemui masalah seperti rambut berminyak dan berketombe. Dari kedua masalah tersebut, kebanyakan pria lebih banyak bermasalah dengan ketombe.

Ketombe adalah serpihan kecil berwarna putih yang keberadaannya sangat menganggu kenyamanan dan penampilan seseorang. Ketombe membuat tidak nyaman karena akan terasa sangat gatal di kepala serta penampilan terganggu karena mereka cenderung mengotori pakaian.

Penyebab dari ketombe itu sendiri belum pasti atau belum ditemukan. Tetapi ada faktor-faktor yang mendukung munculnya ketombe pada kepala. Faktor tersebut meliputi perubahan iklim, kebiasaan makan, kandidiasis, kekurangan seng, stress yang tinggi dan produksi minyak yang berlebih.

Pria lebih banyak mengalami ketombe karena menurut beberapa penelitian, ada beberapa hormon yang dimiliki pria memiliki keterkaitan dengan timbulnya ketombe. Selain pengaruh hormon, pria juga memiliki kelenjar produksi minyak yang lebih besar dikulit kepalanya lebih dari wanita. Dimana kelenjar minyak tersebut berperan menimbulkan ketombe.

Ketombe yang banyak pasti sungguh menyebalkan. Oleh karena itu, berikut akan diberikan cara mengatasi ketombe pada pria:

  1. Pilih shampoo anti ketombe yang tepat

Shampoo juga termasuk salah satu penentu munculnya ketombe. Jadi memilih shampoo anti ketombe juga harus yang tepat. Sehingga membantu dalam mengontrol produksi minyak yang menyebabkan ketombe muncul.

  1. Keramas dengan cara yang tepat

Setelah menemukan shampoo yang cocok dengan kulit kepala anda. Selanjutnya lakukan keramas dengan cara yang benar dan tepat sesuai dengan aturan. Sebaiknya hindari penggunaan air panas dalam mencuci rambut karena dapat membuat rambut rentan rusak dan mudah patah. Gunakan teknik memijat kepala ketika keramas.

  1. Jangan menata rambut berlebihan

Dewasa ini pria lebih suka menata rambut dengan menggunakan gel dan minyak rambut karena membuat rambut terlihat lebih rapi. Namun, ada baiknya kurangi penggunaan gel dan minyak rambut. Sehingga menurunkan produksi ketombe pada kepala anda.

  1. Gunakan cara alami

Jika cara-cara tersebut kurang efektif, anda bisa menambahkan dengan metode alami. Seperti menggunakan campuran jeruk nipis dan susu, minyak zaitun dan jahe serta bawang putih dan minyak zaitun. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here