Cara Mengatasi Nyeri Payudara Menjelang Menstruasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat menstruasi apakah payudara anda terasa tegang sampai merasa nyeri? Nyeri pada payudara yaitu sindrom yang banyak dialami kaum hawa, biasanya seminggu atau lebih sebelum menjelang menstruasi anda. Sindrom pramenstruasi (PMS) pada dasarnya bisa disebut sebagai serangkaian gejala fisik dan emosional bahwa wanita tersebut akan mengalami satu atau dua minggu sebelum menstruasi dialaminya. Gejala yang mungkin akan tibul seperti pusing, sakit kepala, perubahan suasana hati, perut kembung, mengindam makanan, depresi dll adalah sebagai gejala umum menstruasi bahkan ada pula yang terjadi pembengkakan dan nyeri pada payudara.

Mengapa payudara nyeri saat menjelang menstruasi, hal ini disebabkan kondisi  umum terjadi. Rasa sakit payudara ini dirasa oleh wanita begitu nyeri, kadang di sertai bengkak, dijelaskan sebagai rasa sakit, nyeri, bengkak atau ketidaknyamanan pada payudara yang sewaktu-waktu bisa begitu kuat bahwa ada beberapa wanita yang mungkin merasa lebih sulit untuk menyentuh payudara mereka dan juga mungkin mengalami ketidaknyamanan parah ketika  tidur. Meskipun biasanya kondisi stabil setelah menstruasi  berakhir, dalam beberapa kasus PMS nyeri payudara dan nyeri bisa berlangsung untuk jangka waktu yang panjang dan bahkan dapat mengganggu tidur anda. Oleh karena itu,untuk menangani nyeri payudara, mari kita melihat penyebab dan kemudian berbagai pilihan pengobatan.

Penyebabnya banyak sekali, namun yang paling sering terjadi adalah dikarenakan hormonal yang tidak seimbang. Pada saat menjelang menstruasi, hormon estrogen dan progesteron akan aktif dan menjalankan fungsinya masing-masing. Pada hormon estrogen jika dia rendah kemudian hormon progesteronnya tinggi maka akan merangsang pertumbuhan payudara yang akan nampak lebih besar daripada hari-hari biasanya. Pada proses hormonal yang lebih lanjut bisa merubah siklus haid, juga payudara akan bengkak dan terasa lebih besar dari biasanya. Nah kondisi hormon yang tidak seimbang seperti kadar estrogen lebih kecil dari progesteron akan menyebabkan nyeri saat PMS atau nyeri pada payudara.

Ada beberapa cara untuk mengatasi nyeri payudara menjelang menstruasi seperti : .

  1. Memakai bra yang pas

Dengan menggunakan bra sebagai langkah awal mengatasi tidaknyamannya payudara adalah memakai bra yang pas, jangan menggunakan bra dengan ukuran lebih kecil dari ukuran payudara anda karena akan mengakibatkan tekanan pada payudara dan akan terasa sakit jika dipaksakan untuk dipakai.

  1. Minum Obat Pereda Nyeri

Obat penghilang rasa nyeri saat menstruasi boleh anda gunakan pada saat menjelang menstruasi tiba. Tetapi tentunya harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda. Jangan meminum obat pereda nyerri saat hamil, karena akan berakibat tidak baik bagi perkembangan janin.

  1. Diet Sebelum Menstruasi

Diet makan garam dan sodium ternyata dapat mengurangi rasa nyeri pada payudara. Pasalnya dengan mengurangi makanan dengan kandungan garam yang tinggi dan juga sodium akan mengurangi tingkat air dalam tubuh yang tentunya akan mempengaruhi kondisi pembengkakan pada payudara. Pada saat akan menjelang menstruasi disarankan sekitar 10 sampai 15 hari sebelumnya sista batasi asupan makanan lemak tinggi dan juga gula.

  1. Kafein Penyebab Nyeri PMS

Selain hal diatas, nyeri payudara saat Pra Menstruasi Sindrom adalah kafein. Disarankan agar anda hindari minuman yang mengandung banyak kafein, contohnya kopi sebaiknya hindari dulu.

  1. Vitamin

Mengkonsumsi vitamin A, vitamin B6 dan juga vitamin E akan sangat membantu mengurangi payudara bengkak dan juga nyeri pada saat menstruasi juga vitamin ini bisa menstabilkan kondisi hormon didalam tubuh.

Usahakan pada saat anda dalam kondisi menjelang menstruasi atau saat menstruasi untuk sering mengkonsumsi air putih yang banyak, atau jika perut anda atau payudara anda terasa sakit bisa di kompres. Tetapi jika rasa sakit semakin bertambah ataupu pembengkakan pada payudara anda semakin membesar segera anda berkonsultasi pada dokter. Semoga bermanfaat. (NLT)

1 KOMENTAR

  1. I wօulⅾ like to thank you for the efforts you have put in penning this website.

    І am hoping to cheϲk oսt the same high-grade blog
    posts by you in the future as well. In truth, your creative writing abilities has encouraged me to get
    my own website now 😉

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here