Cara Mengatasi Nyeri Punggung pada Remaja Penderita Skoliosis Pasca Jatuh

0
5
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kini banyak sekali remaja yang mengalami scoliosis. Akibatnya para remaja sangat mengeluh kesakitan pasca jatuh. Kesakitan tersebut karena adanya rasa nyeri di area punggung.

Tips Mengatasi Nyeri Punggung

  • Istirahat Penuh

Setelah terjatuh dan terjadi nyeri punggung yang hebat pada remaja yang menderita scoliosis, sebaiknya penderita istirahat total selama beberapa hari. Pasca kecelakaan, seseorang mengalami trauma dan cidera di area punggung sehingga harus merelaksasi tubuh dengan cara bersantai atau tidur untuk menghilangkan rasa sakit dan rasa trauma.

  • Hindari Mengangkat Barang yang Berat

Sebaiknya hindari untuk mengangkat barang yang berat karena punggung fungsinya untuk menahan dan menopang beban di area tubuh. Saat remaja mengangkat barang yang berat, padahal terjadi cidera di area punggung, tentu akan membuat punggung terjadi inflamasi atau peradangan.

  • Perhatikan Posisi Tidur

Remaja yang mengalami cidera punggung setelah terjatuh sebaiknya sangat memperhatikan posisi tidur. Usahakan tidur dengan alas karena jika tidak menggunakan alas tentu akan semakin membuat punggung terasa sakit. Jangan sampai tidur tengkurap dan tidur dengan kondisi bantal yang tinggi karena akan membuat cidera punggung semakin parah. Ada baiknya tidur dengan posisi miring ke kanan atau pun ke kiri saja.

  • Perhatikan Posisi Duduk dan Posisi Berdiri

Sebaiknya perhatikan posisi duduk dan posisi berdiri setelah terjadi kecelakaan. Jangan terlalu lama duduk atau berdiri dengan posisi yang sama karena akan membuat terjadinya kaku otot dan nyeri di area punggung. Apabila nyeri hebat sudah mulai dirasakan, sebaiknya lakukan relaksasi ringan seperti memutar punggung. Jangan biarkan diri untuk duduk dengan kondisi membungkuk karena akan membuat tulang yang mengalami scoliosis semakin sakit setelah terjatuh.

  • Jangan Makan Terlalu Banyak

Setelah terjadinya trauma pada punggung pasca kecelakaan, sebaiknya jaga pola makan agar tidak terjadi kenaikan berat badan dalam waktu yang singkat. Meskipun saat sakit tentunya seseorang akan mengalami kenaikan nafsu makan atau ngemil. Saat terjadi kenaikan berat badan tentunya akan membuat seseorang semakin sulit bergerak.

  • Hindari Kebiasaan Buruk

Pastikan remaja dengan kondisi scoliosis setelah terjatuh tidak membawa tas jinjing, tas punggung, dan tas bahu dengan berat yang berlebihan. Sebab akan semakin membuat punggung terasa lebih sakit.

  • Hindari Stres

Sebaiknya remaja yang mengalami nyeri punggung menghindari stress. Tingkat stress pada remaja memang cukup tinggi. Padahal stress merupakan salah satu pemicu seseorang mengalami sakit punggung. Saat stress dan terlalu sering marah tentunya akan menimbulkan terjadinya ketegangan otot.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi nyeri punggung pada remaja pasca jatuh. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY