Cara Mengatasi Panu Pada Wanita

SehatFresh.com – Panu menjadi salah satu momok yang cukup menakutkan bagi banyak orang, terutama wanita. Tak dapat dipungkiri jika setiap wanita pasti ingin penampilannya sempurna. Panu ini tak hanya muncul di area tubuh, tapi terkadang muncul di area wajah. Penyakit kulit ini memang tidak mematikan, tapi sangat mengganggu penampilan. Padahal kita telah berpakaian serapi mungkin, tapi tetap saja akan terasa tidak nyaman jika kita memiliki panu. Tidak hanya merasa malu, karena mengganggu penampilan, panu juga tak jarang menyebabkan kulit terasa gatal, terlebih ketika telah berubah warna menjadi putih.

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa orang yang panuan adalah orang yang jorok dan jarang mandi. Betapa malunya jika dianggap sebagai orang yang jarang mandi, apalagi jika hal itu dikatakan di depan banyak orang. Panu sendiri sebenarnya disebabkan oleh jamur yang bernama Malassezia. Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda guakan untuk mengatasi panu.

  • Bawang putih

Selain bisa digunakan untuk bumbu masak dan menghilangkan jerawat, bahan yang satu ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan panu. Caranya sangat mudah. Cukup ambil bawang putih, belah menjadi dua, kemudian gosok di area kulit yang panuan. Biarkan getahnya menempel selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih. Agar panu cepat hilang, lakukan langkah ini setiap pagi dan sore hari setelah mandi.

  • Lidah buaya

Selain untuk merawat kesehatan rambut dan mengobati kulit yang iritasi, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghiangkan panu. Caranya cuci bagian luar lidah buaya dan hilangkan tanah yang menempel, setelah itu belah dan oleskan lendirnya pada kulit yang terdapat panu.

  • Belimbing

Buah belimbing yang mengandung vitamin C, ini dapat membunuh bakteri dan jamur yang menjadi penyebab panu. Caranya, siapkan bahan buah belimbing dan kapur sirih secukupnya, haluskan kedua bahanya sampai lembut lalu oleskan langsung di permukaan kulit wajah, diamkan 15 menit, bilas dengan air bersih. Agar panunya cepat hilang, lakukan cara ini dua sampai tiga kali dalam sehari.

  • Lengkuas

Selain untuk bumbu masakan lengkuas juga bisa digunakan untuk menghilangkan panu. Cara pemakaianya pun sangat mudah, yaitu haluskan lengkuass dahulu, kemudian peras dan ambil sari dari tamanan lengkuas tersebut. Langsung oleskan di area kulit wajah secara merata, tinggal diamkan sesaat dan cuci muka Anda memakai air bersih. Lakukan ini secara rutin minimal dua sampai tiga kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal sampai panu benar-benar hilang.

  • Cuka apel

Caira yang satu ini juga sangat mujarab untuk menyembuhkan panu. Caranya hanya tingal mencampurkan satu sendok makan sari cuka apel dengan secangkir teh, kemudian oleskan air teh tersebut ke kulit yang panuan.

Setelah mengetahui bahan-bahan di atas, ada baiknya jika Anda juga menjaga kebersihan diri, agar panu tidak datang lagi.

Sumber gambar : www.kecantikan88.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY