Cara Mengatasi Penyakit Mental Terbesar di Dunia atau Fobia Sosial

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Fobia sosial adalah rasa cemas atau takut dan gugup yang berlebihan yang muncul saat anda berada di linkungan ramai dan muncul rasa ingin menghindar dari situasi tersebut. Rasa tersebut muncul karena adanya rasa percaya diri yang rendah dan merasa tidak harga diri yang rendah.

Fobia sosial ini ternyata termasuk dalam penyakit mental yang berbahaya dan terbesar di Duni yaitu menempati posisi ke tiga dengan jumlah penderita yang cukup banyak. Dengan banyaknya populasi seseorang terkena fobia sosial, maka kita juga perlu berhati-hati agar tidak terkena fobia sosial ini.

Termasuk dalam penyakit yang berbahaya dan terbesar di dunia maka membuat fobia sosial harus ditangani segera. Berikut cara menangani fobia sosial yang bisa anda lakukan:

  1. Lawan Rasa Takut

Bagi penderita fobia sosial, rasa takut selalu membayanginya setiap saat dan satu-satunya solusi untuk menghilangkan rasa takut adalah dengan melawannya. Untuk melawan rasa takut sebaiknya kurangi kebiasaan anda yang memilih menghindar dan bersembunyi namun sebaliknya anda harus melawan langsung masalah yang anda alami saat itu juga.

  1. Lebih pecaya diri lagi

Setelah berani melawan rasa takut, maka anda akan memperoleh kepercayaan diri. Untuk itu terus percaya diri sehingga rasa takut tidak berani kembali lagi dan anda akan terhindar dari fobia sosial.

  1. Cari Teman yang Bisa Menjadi Panutan yang Baik

Beberapa orang membutuhkan figur untuk dapat melangkah lebih maju. Untuk itu anda cari teman yang mampu menjadi panutan anda dalam meningkatkan rasa percaya diri dan mendukung secara positif proses anda menjadi pribadi yang tidak fobia sosial lagi.

  1. Membiasakan Diri di Lingkungan Sosial

Mulai berbaur dengan lingkungan sosial anda. Jangan terlarut dengan kenyamanan anda yang suka menyendiri karena ini dapat membuat rasa takut anda muncul lagi. Jadi sebaiknya lanjutkan proses menangani fobia sosial dengan membiasakan diri dengan lingkungan sosial yang baru dan berkenalan dengan lingkungan yang ramai.

  1. Menerima Diri Apa Adanya

Mencoba sesuatu hal yang baru kadangkala tidak selalu sempurna pasti ada salah atau gagalnya walau sedikit dan itu normal saja. Jadi saat proses menghilangkan fobia sosial dan tiba-tiba tak semulus yang anda perkirakan maka jangan kecewa dan putus asa. Tetap percaya pada diri anda bahwa anda bisa melakukannya dengan baik.

  1. Tetap Tenang

Tahap selanjutnya yaitu mencoba tenang. Berkomunikasi dengan orang baru mungkin membuat anda gugup karena tebiasa diam dan menyendiri. Tapi sebaiknya anda tetap tenang, Agar tetap tenang anda bisa tarik nafas agar rileks dan coba mulai percakapan kembali dengan teman anda. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here