Cara Mengatasi Perbedaan Pendapat dengan Orangtua

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Konflik dan perbedaan pendapat dalam kehidupan tentu akan dialami oleh siapa saja baik dengan orangtua, keluarga, teman atau dengan orang lain. Walau begitu sebaiknya kita tetap menghadapinya harus dengan bijaksana dan cermat. Dalam hubungan anak dengan orangtua sering kali memiliki perbedaan pendapat mengenai pilihan, terutama sikap orangtua dalam menentukan masa depan anak-anaknya.

Perbedaan pendapat antara anak dan orangtua tentu suatu hal yang wajar dan terlebih pada saat anak usia remaja, dimana pada masa remaja biasanya anak akan melakukan banyak hal karena rasa ingin tahunya yang tinggi dan mencoba-coba untuk mencari jati diri.

Dalam mengatasi perbedaan pendapat dengan orangtua tentunya setiap orang berbeda. Secara garis besar dalam upaya mengatasi perbedaan tersebut dilakukan dengan cara mengalah, kompromi dan menghindar. Mengatasi perbedaan dengan cara menghindar merupakan hal terburuk. Berikut ini beberapa cara mengatasi perbedaan pendapat antara anak dengan orangtua, antara lain :

  1. Dengarkan, abaikan dan lupakan

Sebagai anak saat terjadi perbedaan pendapat anda harus mendengarkan apa yang dikatakan orangtua, menyerap sesuatu hal yang masuk akal dan abaikan selebihnya. Jika anda merasa terganggu pilihlah nasehat yang paling berguna.

  1. Menjaga sopan santun

Meskipun terjadi perbedaan pendapat antara anak dan orangtua, sebaiknya anda yang menjadi anak harus tetap menjaga perilaku sopan santun kepada orangtua dan menghormatinya.

  1. Berbicara dari hati ke hati

Pada saat anda sedang mengalami perbedaan pendapat dengan orangtua, alangkah baiknya jika anda dan orangtua untuk mengobrol dari hati ke hati dengan membuang rasa ego masing-masing untuk mendapatkan solusi terbaik atas perbedaan tersebut bagi anda dan orangtua.

  1. Memilih momen yang tepat dan berbicara dengan baik

Terjadinya perbedaan pendapat merupakan suatu hal yang wajar. Akan tetapi pada saat anda mengungkapkan pendapat anda kepada orangtua sebaiknya pilihlah waktu yang tepat dengan mengucapkan kata-kata yang baik dan jangan ragu untuk mengucapkan kata maaf. Hindari kata-kata yang dapat melukai hati orangtua anda

  1. Kompromi

Lakukan kompromi antara anda dengan orangtua untuk mendapatkan solusi bersama. Bila perlu pada saat anda mengungkapkan pendapat anda pada orangtua, anda memberikan sebuah contoh agar orangtua lebih memahami pendapat anda.

  1. Peluklah mereka

Tidak usah merasa ragu untuk memeluk kedua orangtua anda atau bahkan sebaliknya. Perbedaan pendapat tentu menimbulkan ketidaknyamanan bagi anda dan orangtua. Akan tetapi pada saat anda memberikan pelukan pada mereka setidaknya akan memperoleh ketanangan dan kenyamanan pada saat kompromi sehingga suasana lebih santai dan tidak tegang.

  1. Menerima pendapat dengan lapang dada

Apabila pendapat yang diberikan orangtua lebih benar dibandingkan dengan anda, sebaiknya anda harus menerima pendapat tersebut dengan hati yang lapang karena semua itu demi kebaikan anda. Selain itu jangan lupa untuk mengucapkan kata teimakasih kepada orangtua anda. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here