Cara Mengatasi Rambut Rontok Selama Hamil dan Masa Nifas

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rambut rontok yang terjadi pada masa kehamilan dan masa nifas disebabkan oleh perubahan hormon estrogen, faktor stress yang dialami ibu dan lain-lain. Selain itu sikap fokus wanita dalam menjaga kehamilan dan mengurus bayi setelah melahirkan mengakibatkan kurangnya rasa peduli wanita tersebut terhadap penampilannya sendiri.

Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat melakukan beberapa tips. Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi rambut rontok pada masa kehamilan dan masa nifas, antara lain:

  1. Konsultasi kepada dokter

Jika selama hamil atau masa nifas anda mengalami kerontokan maka anda harus segera menanganinya. Jika kerontokan yang terjadi dalam kondisi yang parah sebaiknya anda harus berkonsultasi kepada dokter yang ahli dibidangnya untuk memastikan keseimbangan hormon di dalam tubuh anda saat itu.

  1. Gunakan shampo dan kondisioner yang tepat

Penggunaan shampon dan kondisioner dapat mempengaruhi rambut yang sedang mengalami kerontokan. Pada saat anda mengalami gangguan ini anda disarankan untuk menggunakan shampo dan kondisioner jenis mild yang memiliki kandungan biotin, sulfur dan silika yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut.

  1. Memilih rambut pendek

Pada saat hamil dan masa nifas memiliki rambut panjang akan menambah beban berat yang akan mengakibatkan akar rambut bermasalah dan mudah rontok. Sehingga pemilihan rambut pendek salah satu hal yang tepat untuk dijadikan gaya rambut saat hamil dan masa nifas.

  1. Waspadai perawatan salon

Saat selama hamil dan masa nifas anda mengalami kerontokan dan anda memilih salon sebagai bentuk perawatan masalah anda. Sebaiknya anda perlu mewaspadainya. Sebaiknya minimalkan penggunaan bahan kimia yang akan berbahaya pada kesehatan janin.

  1. Hindari kuncir rambut

Apabila anda merasa gerah dan ingin menguncir rambut sebaiknya anda mengikat rambut anda dalam kondisi yang tidak terlalu kencang dan kuat. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerontokan pada rambut. Sehingga apabila anda sudah mengalami kerontokan rambut sebaiknya anda hindari penggunaan ikat rambut yang terlalu ketat dan kuat.

  1. Gunakan sisir sesuai kebutuhan

Penggunaan sisir dapat berpengaruh terhadap kerusakan rambut. Apabila anda mengalami rambut rontok dan rapu sebaiknya gunakan sisi yang memiliki gigi jarang dan hindari penggunaan sisir yang bergigi terlalu dekat. Penggunaan sisir bergigi dekat dapat menambah kerusakan rambut rontok anda.

  1. Hindari penggunaan hair dryer dan alat catok

Saat hamil dan masa nifas anda mengalami rambut rontok maka anda harus meminimalisir penggunaan alat-alat salon rambut seperti hair dryer dan catok karena dapat memperparah kondisi rontok anda. Selain itu apabila anda di tuntut untuk menggunakan alat-alat tersebut maka anda disarankan untuk menggunakannya dengan suhu dingin

  1. Konsumsi makanan yang bergizi

Asupan nutrisi yang bergizi tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan janin dalam kandungan atau bayi yang telah dilahirkan. Akan tetapi bila anda mengalami rambut rontok asupan nutrisi yang bergizi dapat membantu mengatasi permasalah tersebut.

Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung flavonoi dan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut. Anda juga dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin C, B kompleks, E dan zink (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here