Cara Mengatasi Wasir pada Ibu Hamil

SehatFresh.com – Wasir atau ambeien memang telah dikenal masyarakat sejak dahulu. Penyakit yang satu ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari pria dewasa, wanita dewasa, bahkan anak-anak. Wasir atau ambeien merupakan pembengkakan pembuluh darah pada lubang anus. Masalah ini memang menyakitkan, namun biasanya tidak serius. Sebenarnya ambeien dapat sembuh dengan sendirinya satu atau dua minggu lamanya, namun jika ambeien yang diderita sudah bengkak dan sudah iritasi tentu akan menganggu Anda.

Pembuluh darah dapat membengkak di dalam lubang anus sehinga terjadi ambeien internal, atau bisa juga pembuluh darah membengkak di dekat pembukaan anus yang menyebabkan ambeien eksternal. Anda dapat mengalami kedua jenis ambeien ini pada saat yang sama. Gejala dan pengobatan tergantung pada jenis ambeien. Gejala yang selalu dialami yaitu nyeri, keluar cairan, gatal pada bagian anus, sulit ketika buang air besar, bahkan seringkali terjadi perdarahan ketika buang air besar.

Wasir pada ibu hamil umumnya terjadi akibat tekanan mendesak dari pertumbuhan janin pada vena. Perlu diketahui, ibu hamil sangat rentan menderita wasir karena meningkatnya kadar hormon seks wanita yang melemahkan dinding vena di bagian anus. Banyak ibu hamil yang menderita wasir setelah enam bulan kehamilan karena adanya peningkatan tekanan vena dalam area panggul. Meningkatnya tekanan vena ini menyebabkan vena-vena seorang wanita membesar. Sayangnya, vena di sekitar bokong menjadi lebih lamban dan bengkak, terutama ketika rahim yang terus membesar menekan vena-vena tersebut. Beberapa wanita juga mengalami wasir selama persalinan akibat tekanan bayi yang kuat.

Terlalu banyak tekanan pada pembuluh darah di daerah panggul dan dubur dapat menyebabkan ambeien. Biasannya, jaringan di dalam anus penuh dengan darah yang dapat membantu mengontrol buang air besar. Jika Anda mengejan terlalu keras atau lama, akan terjadi peningkatan tekanan yang menyebabkan pembuluh darah pada jaringan ini merengang dan membengkak, ini dapat menyebabkan ambeien.

Berikut inilah cara meringankan sakit atau nyeri akibat ambeien pada ibu hamil:

  • Rendam dengan air hangat. Isi bak mandi dengan air hangat dan rendam beberapa kali sehari.
  • Bedak cair. Rendam kapas dalam bedak cair dan terapkan pada daerah anal. Bedak cair atau witch hazel banyak tersedia di apotek.
  • Gunakan es. Terapkan kompres es atau kompres dingin pada anus beberapa kali sehari untuk membantu menringankan pembengkakan.
  • Jaga daerah anus tetap bersih. Setiap buang air kecil dan besar, bilas dan pastikan daerah tersebut benar-benar bersih.
  • Hindari duduk terlalu lama. Duduk dapa menyebabkan tekanan pada pembuluh darah anus dan rektum.
  • Krim ambeien. Tanyakan pada dokter, rekomendasi krim ambeien yang aman untuk wanita hamil. Meskipun krim ambeien tidak dapat menyembuhkan tapi bisa meringankan rasa sakit.

Itu tadi adalah sedikit cara meringankan sakit atau nyeri karena wasir atau ambeien pada ibu hamil. Namun, ada baiknya jika dikonsultasikan juga dengan dokter agar wasir yang Anda derita lebih bisa ditangani dengan baik.

Sumber gambar : www.p9b.info

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY