Cara Mengenali dan Mengetahui Bakat dalam Diri Seorang Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat remaja, apakah Anda pernah merasa kebingungan dalam mengenal dan mengetahui bakat dalam diri? Jika ya, ada baiknya baca tips di bawah ini ya.

Bagaimana Mengenali dan Mengetahui Bakat Seorang Remaja?

Bakat merupakan talenta yang berasal dari Tuhan yang sudah diberikan kepada setiap anak yang terlahir di dunia untuk dikembangkan dan dimanfaatkan di masa depan. Bakat juga merupakan pola pikir, kepandaian dan kemampuan setiap anak sejak lahir. Jadi jika seorang remaja sebenarnya memiliki talenta, tapi tidak berusaha dikembangkan maka tidak akan menghasilkan apa-apa.

Pentingnya seorang remaja untuk mengenali dan mengetahui bakat seorang remaja untuk menuju kesuksesan di masa depan. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengenali dan mengetahui bakat seorang remaja ialah sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi Ketertarikan

Setiap remaja yang ingin mengenali dan mengetahui bakatnya bisa melakukannya dengan cara mengidentifikasi ketertarikan pada suatu bidang. Coba kroscek hidup seorang remaja dengan melihat jadwal atau aktivitas yang dilakukannya. Apakah seseorang tersebut banyak menghabiskan waktu untuk menyukai pelajaran di suatu bidang akademik, menghabiskan waktu sebagian besar di bidang olahraga, atau menghabiskan waktu sebagian besar di bidang seni.

  • Menilai Keahlian

Untuk mengetahui bakat di saat usia remaja, bisa dilakukan dengan menilai atau mengukur keahlian yang dimiliki. Keahlian bisa dicari dengan cara melihat keahlian apa yang lebih tinggi dibandingkan dengan bidang lain. Misalnya seorang remaja memiliki nilai lebih di bidang renang, bisa dibilang memiliki bakat renang. Dibandingkan dengan seorang remaja yang tidak bisa di bidang musik, bisa jadi memang tidak berbakat di bidang musik.

  • Menilai Sebuah Kepuasan

Kira-kira apa yang bisa membuat seorang remaja merasa puas dan bahagia saat mendapat sesuatu? Saat mendapat nilai bahasa Inggris 100, atau saat memenangkan juara menulis? Jika ada perasaan puas dan bangga akan suatu bidang. Bisa dibilang remaja tersebut memang memiliki bakat pada suatu bidang yang membuat seorang puas.

  • Menilai Kebiasaan Seseorang

Pernahkah suatu anak dalam rentan usia remaja dipuji oleh orangtuanya, gurunya, atau temannya akan kebiasaan atau kegiatan yang konstan pada suatu bidang? Misalnya ada teman yang mengatakan “wah kamu rajin berangkat basket ya?”. Jika ya, berarti bisa dibilang anak remaja tersebut memiliki bakat di bidang yang terbiasa dilakukan setiap hari. Kalau seseorang secara alamiah memiliki bakat di bidang tertentu, maka seseorang itu akan cenderung melakukan kebiasaan di bidang tersebut.

Demikian informasi tentang cara mengenali dan mengetahui bakat dalam diri seorang remaja. Semoga informasi berikut dapat bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY