Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kulit wajah perlahan akan mengendur sebagai bagian dari penuaan. Akan tetapi, kini banyak wanita yang mengalami pengenduran kulit wajah lebih cepat, terutama setelah berat badan turun secara drastis. Kulit wajah yang kendur tentu mengurangi rasa percaya diri. Selain itu, kulit kendur juga membuat keriput dan garis halus terlihat makin jelas. Kabar baiknya, ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk membantu mengencangkan kulit wajah yang kendur.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengencangkan kulit wajah secara alami:

Perbanyak antioksidan

Kulit wajah yang kendur bisa mengindikasikan penumpukan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas umumnya bersumber dari makanan, bahan kimia dalam produk perawatan sehari-hari, serta asap rokok dan kendaraan. Untuk menetralkan radikal bebas, tubuh memerlukan asupan makanan bernutrisi terutama makanan tinggi antioksidan. Asupan antioksidan diperlukan untuk meningkatkan produksi kolagen agar kulit tetap kencang dan kenyal, mengurangi efek buruk paparan sinar ultraviolet, mengurangi peradangan, serta memperbaiki tekstur kulit. Sumber antioksidan dapat berasal dari buah dan sayuran, seperti jeruk, alpukat, buah beri, anggur dan tomat.

Minum air putih yang cukup

Tanpa asupan air yang cukup, kulit akan tampak kusam serta keriput dan pori-pori lebih terlihat. Pasalnya, kulit menjadi lebih mudah hilang kekencangan dan kelembabannya jika tubuh kekurangan cairan. Maka dari itu, pastikan tubuh mendapat asupan 8-12 gelas air putih setiap hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan kesehatan secara keseluruhan.

Masker wajah

Anda juga dapat menutrisi kulit dari luar dengan rutin menerapkan masker wajah. Ada sejumlah bahan masker alami yang telah lama dikenal baik untuk mendorong perbaikan sel kulit dan mengencangkan kulit wajah, diantaranya:

  • Lemon, mengandung vitamin C yang dapat membantu mendorong produksi kolagen.
  • Lidah buaya, mengandung asam malat yang dapat membantu meningkatkan kekencangan kulit serta melembabkan.
  • Stroberi, tinggi vitamin C dan memiliki kandungan asam alfa hidroksi yang dapat membantu memperbaiki tampilan kulit terkait penuaan dini.
  • Mentimun, sebagai toner alami serta menenangkan dan meremajakan kulit.
  • Madu, mengandung antioksidan, antiradang dan antibakteri yang dapat membantu memperbaiki kerusakan pada sel kulit.

Senam wajah

Gerakan yang menargetkan otot di leher dan wajah dapat membantu meningkatkan elastisitas serta meminimalkan garis-garis halus dan keriput. Anda bisa melakukan gerakan sederhana, seperti menaikkan alis, atau tekan bibir ke arah luar membentuk huruf ‘O’ lalu tersenyumlah selebar mungkin. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here