Cara Mengendalikan dan Menyalurkan Emosi Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Emosi dapat mempengaruhi cara berpikir dan bertindak seseorang. Di usia remaja Emosi sangat kuat pengaruhnya, Emosi bisa memotivasi untuk melakukan yang baik maupun yang buruk. Kadang-kadang, emosi bisa membuat kewalahan karna tidak bisa mengendalikannya.  Wajar saja jika remaja masih sulit mengendalikan emosi, karena pada fase ini memang sedang belajar mengendalikan emosi, mencari jati diri dan berproses menjadi pribadi dewasa yang matang dan bertanggung jawab.

Beberapa pakar berpendapat bahwa kesanggupan remaja untuk mengelola emosi dan berurusan dengan orang lain lebih berharga daripada kecerdasan. Untuk mengendalikan dan menyalurkan emosi remaja dapat dilakukan dengan cara berikut.

Mengendalikan Emosi Remaja

  • Menstabilkan emosi dengan Relaksasi. Remaja akan sulit menstabilkan emosinya, Berusahalah menstabilkan emosi dengan mengendalikanya, misalnya jika muncul rasa takut, malu, marah atau kecewa terhadap sesuatu karena hidup kita sudah ada yang mengatur dan menentukan yakni Tuhan YME.

Mengendalaikan emosi remaja dapat dilakukan dengan cara relaksasi. Misalnya jika muncul rasa takut yang berlebihan, berusahalan untuk segera menetralisir dengan cara melemaskan otot-otot dan mengosongkan pikiran disertai dengan berpikir positif atau hal-hal yang membuat hati mejadi senang. Lalu berpikirlah “Mengapa saya harus takut tehadap hal ini?” sehingga tanpa disadari muncul keberanian yang wajar.

  • Menghindari Hal-hal yang Dapat Menimbulkan Emosi Negatif. Di usia remaja cenderung masih labil dalam menyikapi suatu masalah, untuk itu berusahalah untuk menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan perasaan kecewa, murung, sedih, dan emosi negatif lainnya. Untuk mencegah perasaan itu dapat dilakukan dengan cara menghindari perbuatan melanggar peraturan di sekolah, perasaan berdosa akibat berbohong dengan teman sebaya, menyakiti orang lain, sikap tidak disiplin, tertib dan lain sebagainya.

Emosi remaja yang berlebihan dapat dikendalikan dan dicegah dengan berbagai hal diatas, akan tetapi apabila emosi sudah muncul, maka dapat disalurkan dalam  berbagai macam aktivitas agar tidak berdampak negatif terhadap berbagai hal. Cara menyalurkan emosi tesebut, yaitu sebagai berikut:

  • Menulis Puisi. Bagi remaja yang sedang mengalami emosi yang memuncak agar emosi tersebut tidak menimbulkan dampak yang negatif, maka dapat mencurahkannya dengan cara menulis puisi. Menulis sebuah puis berisi tentang perasaan yang sedang di alami, sehingga emosi dapat tercurahkan melalui rangkaian tulisan tanpa harus meluapkan dengan melakukan hal-hal negatif yang merugikan.
  • Membuat Lukisan/Gambar. Seperti halnya dengan puisi, maka membuat lukisan atau gambar inipun dapat menjadi media untuk mencurahkan perasan atau emosi yang sedang di alami.
  • Bermain Musik. Banyak kalangan remaja yang suka bermain musik, nah kegiatan tersebut juga dapat digunakan untuk menyalurkan emosi. Misalnya bagi Anda yang suka bermain gitar, maka dapat memainkannya sesuai perasaan yang sedang dialami, bahkan juga dapat menciptakan lagu sendiri dari perasaan emosinnya ini.

Itulah beberapa cara mengendalikan dan menyalurkan emosi remaja, semoga bermanfaat (AGT).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here