Cara Menggendong Bayi yang Baru Lahir

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi beberapa orang tua yang baru memiliki bayi, menggendong bayi merupakan sebuah kesulitan bagi mereka karena belum terbiasa. Selain belum terbiasa, menggendong bayi baru lahir juga menuntut orang tua agar hati-hati menggendong bayi karena masih rapuh. Jadi harus digendong dengan hati-hati dan benar agar bayi merasa nyaman dalam dekapan anda.

Menggendong bayi dengan benar juga akan membantu mempererat ikatan orang tua dengan bayinya dan memberi kesempatan orang tuanya untuk melakukan kontak kulit. Untuk mendapatkan semua manfaat dari menggendong bayi baru lahir di atas maka anda harus menggendong anak anda dengan baik, berikut beberapa cara menggendong bayi baru lahir yang bisa anda lakukan:

  1. Gendong bayi dengan dipeluk

Posisi menggendong bayi baru lahir sambil memeluknya akan membuat bayi merasa nyaman karena ia bisa mendengarkan detak jantung anda secara langsung. Untuk menggendong bayi sambil memeluk bisa anda lakukan dengan cara angkat kepala dan leher bayi dengan salah satu tangan anda.

Sedangkan tangan yang satunya digunakan untuk menyangga bokong bayi. Posisikan bayi vertikal sejajar dengan arah tubuh atau tempatkan bayi di dada dan bisa juga di bahu anda. Posisi ini memungkinkan hidung bayi tertutup, jadi anda harus hati-hati.

  1. Menimang

Posisi menimang merupakan cara menggendong yang paling tepat untuk saling menatap dengan bayi. Menimang merupakan cara mengendong bayi yang paling umum digunakan oleh orang tua. Anda bisa menimang bayi anda dengan cara menempatkan salah satu lengan anda di bawah kepala dan leher bayi. Satu tangan lagi diletakkan di bagian bokong bayi. Setelah itu angkat bayi dan posisikan senyaman mungkin.

  1. Menggendong untuk menyusu

Angkat bayi anda dan posisikan seperti cara menggendong dengan menimang. Setelah ditimang, selanjutnya dekatkan bayi ke arah payudara untuk menyusu. Pastikan anda menahan bagian bokong bayi. Jika menahan bokong bayi dengan tangan membuat anda lelah, anda bisa menggantikannya dengan bantal.

  1. Gendong dengan posisi bayi tengkurap

Anda bisa melakukan cara mengendong bayi ini dengan memposisikan bayi tengkurap. Pastikan posisi kepala dan leher bayi dibagian dalam lengan serta ujung tangan anda digunakan untuk menopang kedua kaki bayi.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menggendong bayi baru lahir. Ada yang perlu anda perhatikan saat menggendong bayi yaitu hindari mengguncang bayi anda. Karena mengguncang bayi secara berlebihan saat digendong bisa berbahaya. Dampak bahayanya seperti perdarahan otak dan bahkan kematian. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here