Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bopeng itu sendiri merupakan bekas jerawat yang bolong atau capuk-capuk pada wajah. Timbulnya bopeng dapat membuat penderita kurang percaya diri apalagi pada kaum remaja. Karena jerawat umumnya terjadi pada masa puber atau remaja.

Oleh karena itu sangat penting bagi anda dalam mengetahui mengenai penyebab jerawat dan cara mengatasinya dengan baik dan benar sehingga tidak akan menimbulkan resiko menjadi banyak atau bahkan lebih parah. Metode untuk menghilangkan bopeng yang terbukti cepat yaitu:

  • Mikrodermabrasi

Metode mikrodermabrasi yaitu dengan cara mengikis kulit di sekitar luka bopeng secara halus. Setelah kulit-kulit yang mengeras atau tidak sehat berhasil dikikis, maka diharapkan akan tumbuh sel-sel kulit yang baru sehingga lebih sehat dan halus. Pada prosedur ini pengelupasan atau exfoliation menggunakan kristal-kristal mikro.

  • Chemical Peeling

Chemical Peeling merupakan metode perawatan kulit yang dilakukan dengan teknik pengupasan kulit secara kimia. Tujuannya adalah untuk memperbaiki dan menghaluskan tekstur kulit, sama dengan mikrodermabrasi.

  • Laser

Menggunakan laser untuk menghilangkan bopeng memang sangat efektif. Tentunya metode ini lebih cepat dibanding sebelumnya, namun juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

  • Perawatan Topikal

Tujuan utama metode ini adalah untuk merangsang produksi kolagen dalam kulit. Kalau kadar kolagennya cukup, maka luka bekas jerawat bisa disembuhkan ditutupi dengan sempurna dan rata.

Ada juga beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami seperti berikut ini:

  1. Mentimun dan Tomat

Selain dapat menghilangkan bekas luka, mentimun juga dapat melenyapkan bopeng di wajah. Caranya haluskan mentimun dan tomat kemudian campurkan keduanya hingga merata. Setelah itu jadikanlah masker di wajah Anda. Diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu basuh dengan menggunakan air bersih.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan bahan alami yang bisa menjadi exfoliant yang membantu mengangkat sebum, sel kulit mati serta membantu mencegah iritasi akibat jerawat. Dengan begitu menggunakan jeruk nipis sebagai bahan perawatan wajah akan mebuat wajah bebas dari jerawat dan bopeng.

  1. Minyak zaitun

Berbagai kandungan minyak zaitun dapat menutrisi kulit anda. Saat kulit ternutrisi dengan baik maka bopeng pada wajah juga akan menghilang dengan mudah.

  1. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya ini selain bisa digunakan untuk mengobati bopeng juga bisa digunakan untuk rambut, kulit dan yang lainnya. Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat ini Anda bisa mengambil lendir atau gel lidah buaya dan dioleskan pada wajah hingga merata. Diamkan beberapa saat kemudian basuh dengan menggunakan air bersih.

  1. Daun sirih

Daun sirih mengandung nati septic dan anti bakteri yang dapat membantu mencegah dan mengobati jerawat sehingga juga cukup ampuh mencegah dan menghilangkan bopeng dari wajah anda. Selain itu daun sirih juga kaya vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit mati dan melindungi kulit wajah dari radikal bebas. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here