Cara Menghilangkan Cegukan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com РCegukan salah satu hal biasa dikalangan masyarakat yang jarang mengakibatkan keadaan darurat. Waspadai cegukan jika  selama lebih dari tiga jam, sakit perut yang parah, demam, sesak napas, muntah, air liur berdarah, atau merasa seolah tenggorokan tertutup. Periksa segera ke dokter untuk mendapat obat cegukan.

Cara menghilangkan cegukan, antara lain:

  • Tarik nafas. Tarik nafas sedalam-dalamnya lalu hembuskan perlahan. Lakukan sekitar 10 menit, atau sampai cegukan benar-benar hilang. Banyak orang berhasil menghilangkan cegukan dengan cara ini kurang dari 10 menit.
  • Minum air putih. Minum banyak air putih adalah cara paling mudah dalam menghilangkan cegukan.
  • Menelan gula. Masukkan satu sendok gula ke dalam mulut. Cairkan gula di lidah sebeum ditelan. Cara ini dapat menghilangkan cegukan dalam hitungan menit.
  • Berenang. Cara terakhir untuk menghilangkan cegukan yang tidak lekas hilang yaitu berenang di air bersuhu 20-30 derajat celcius.

Pengobatan Medis untuk Menghilangkan Cegukan

Pengobatan medis dilakukan sesuai tingkat parahnya cegukan seseorang. Cegukan ringan akan berhenti sendiri. Cegukan yang lebih parah atau terus-menerus (biasanya berlangsung selama 2 hari), dokter akan memberi obat untuk menghilangkannya. Klorpromazin (Thorazine) diresepkan sebagai pilihan pertama untuk menghilangkan cegukan, meskipun obat-obatan seperti baclofen (Lioresal) dan obat untuk kejang-kejang seperti phenytoin (Dilantin) terbukti berhasil mengatasi cegukan. Obat-obatan tersebut hanya digunakan dengan resep dokter.

Anestesi untuk memblokir saraf frenikus dan pembedahan untuk menonaktifkan saraf frenikus (saraf yang mengontrol diafragma) menjadi pilihan terakhir untuk mengobati cegukan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY